Konsep "Electrified Sport" Debut Tahun 2026, di Bawah Payung Toyota atau Lexus?

JAKARTA - Di sela konferensi pers Toyota akhir Maret lalu mengenai rencana jangka panjang, Toyota memperlihatkan jajaran model BEV (Battery Electric Vehicle) terbaru yang debut di tahun 2026.

Dalam tampilan presentasi tersebut ada yang menarik, ketika tampilan siluet “Sports” pada barisan mobil berbasis BEV, menandakan mobil sports terbaru Toyota yang akan dijual tiga tahun mendatang.

Belum diketahui apakah mobil tersebut akan di bawah merek Toyota atau Lexus. Namun, pabrikan asal Jepang tersebut sempat memamerkan mobil konsep sports pada akhir 2021.

Nah, jika versi produksi dari model konsep tersebut, maka dipastikan ada di bawah Lexus untuk menggantikan mobil sport andalannya, LFA, seperti yang dilansir dari Motor1, Rabu, 10 Mei.

Lexus juga telah menyebutkan ada mobil konsep sport EV dengan baterai generasi terbaru dengan performa yang dikembangkan melalui LFA.

Jika demikian, maka mobil yang disebut sebagai "Electrified Sport" tersebut akan memiliki sistem penggerak semua roda yang kemungkinan akan dibekali dua motor listrik.

Mobil sport listrik dua tempat duduk itu disebut memiliki akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam rentang waktu 2 detik yang dapat menempuh jarak hingga 700 km. 

Jika kendaraan tersebut merupakan mobil sport yang akan dibawa oleh Toyota atau Lexus ke jajaran BEV pada 2026, maka ini akan menjadi saingan dengan mobil sport bertenaga listrik lainnya, seperti Porsche 718 EV yang diluncurkan tahun 2025.