Bagikan:

JAKARTA - Pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 akan didukung oleh beberapa perusahaan BUMN untuk mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia.

Perusahaan BUMN yang mendukung pameran tersebut di industri kendaraan listrik adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN), Mandiri Tunas Finance (MTF) sebagai Official Leasing Partner, serta didukung oleh PT Farmindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST).

Presiden Direktur PT FAMINDO ALFA SPEKTRUM TEKNOLOGI (FAST), Will Hadiwijaya, mengungkapkan keinginannya untuk berkontribusi dalam percepatan kendaraan listrik di Indonesia. Dengan mengikuti PEVS 2023, Hadiwijaya menyebutkan bahwa langkah ini merupakan fokus dari perusahaannya untuk mengawal ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

“Kami akan mengawal seluruh pelaku kendaraan listrik di Indonesia agar gap perkembangan industri listrik tanah air harus disertai dengan kualitas keamanan yang terbaik agar tidak ada pihak yang dirugikan," ucap Hadiwijaya dalam keterangan resminya.

Dari sisi pembiayaan kendaraan, Mandiri Tunas Finance membuktikan dukungannya untuk pembiayaan kendaraan listrik. Deputy Director PT Mandiri Tunas Finance, Afri Feder Fauzi, mengatakan bahwa sistem pembayaran kendaraan listrik tidak berbeda dengan kendaraan berbahan bakar konvensional. Pihaknya memberikan penawaran menarik selama pergelaran PEVS 2023, seperti bunga mulai dari 0%, DP yang sama dengan mobil konvensional, tenor s/d 7 tahun yang sama dengan mobil konvensional, dan program CashAja atau pembelian Multiguna dengan bunga mulai dari 0,5% hingga 0,6%, khusus pada PEVS 2023 saja.

Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti, menyatakan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan listrik. Ia berujar, bahwa dengan biaya operasional yang sangat murah untuk kendaraan listrik, tentunya menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk lebih memilih transportasi listrik yang lebih ramah lingkungan.

“Listrik dari PLN adalah salah satu produk domestik sehingga jika ekosistem EV tanah air menggunakan produk listrik dari PLN dapat mengurangi impor dan meningkatkan konsumsi produk domestik kedepannya," pungkas Srimulyanti.

Demi mendukung pertumbuhan kendaraan listrik, PLN telah menyediakan SPKLU sebanyak 616 unit di 300 lokasi di seluruh Indonesia.

PEVS 2023 akan diselenggarakan di JI Expo Kemayoran, Jakarta pada tanggal 17-21 Mei mendatang. Untuk tiket masuk, pengunjung dapat membayar Rp50.000 untuk tanggal 18 hingga 21 Mei, sedangkan untuk 17 Mei, tersedia tiket premium seharga Rp100.000 pada hari pembuka.