Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan otomotif asal Inggris, Ineos Automotive akan menampilkan crossover Grenadier 4x4 FCEV (Fuel Cell Vehicle) yang ditenagai bahan bakar hidrogen pada pergelaran Goodwood Festival of Speed.

"Untuk membuktikan teknologi ini mumpuni, kami membangun mobil demo sel bahan bakar hidrogen yang akan diluncurkan pada Goodwood Festival of Speed musim panas," ujar Lynn Calder, CEO Ineos dikutip dari Autosport, Selasa, 8 Mei.

Calder juga berujar Ineos merupakan produsen penghasil 400.000 ton hidrogen per tahun. Dan selain pengembangan hidrogen hijau, Ineos mengupayakannya bisa digunakan pada powertrain di masa mendatang.

Dengan diizinkannya penjualan mobil bermesin pembakaran memakai e-fuels pada tahun 2035, juga semakin mendorong Ineos mengembangkan bahan bakar alternatif.

"Saya pikir mesin pembakaran akan terus berlanjut, apakah di Eropa dengan bahan bakar rendah karbon, bahan bakar alternatif, atau apapun di penjuru dunia yang tidak memiliki opsi atau infrastruktur untuk membangun baterai," pungkas Calder.

Untuk pengembangan Grenadier FCEV sendiri dilakukan dengan perusahaan teknik Inggris AVL sejak akhir tahun 2021, lalu tahun lalu telah dilakukan pengujian medan on-road maupun off-road.

Sebelumnya, tahun 2020, Ineos Automotive juga menandatangani nota kesepahaman dengan Hyundai, makanya Grenadier dibekali powertrain dari pabrikan asal Korea Selatan tersebut.

Goodwood Festival of Speed 2023 diselenggarakan pada 13 Juli hingga 16 Juli mendatang di Goodwood House, Sussex Barat, Inggris.