Penjualan Meningkat Pesat, Chery Perkuat Posisi di Pasar Global
Chery Omoda 5 di GJAW 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA -Chery International, perusahaan otomotif asal China, terus menunjukkan tren positif dalam penjualan produknya dan kini memperkuat posisinya di pasar global.

Shawn Xu, Presiden PT Chery Sales Indonesia, mengungkapkan bahwa Chery Group telah berhasil merebut pangsa pasar yang luar biasa di industri otomotif global dan telah menjadi eksportir mobil penumpang asal China selama lebih dari dua dekade.

"Chery Group mampu mencapai kinerja luar biasa pada skala internasional dengan menjadi eksportir mobil penumpang asal China selama dua dekade. Dengan sepuluh pabrik KD di beberapa negara dan hadir di lebih 80 negara dan wilayah, Chery Group telah membentuk jaringan global yang luas yang terdiri dari 1.500 outlet penjualan dan layanan di luar negeri,” Shawn Xu lewat keterangan resminya dikutip ANTARA, Selasa, 9 Mei.

Bisnis otomotif yang dinaungi oleh Grup Chery mencakup beragam sektor, termasuk kendaraan penumpang, kendaraan komersial, energi baru, dan bahkan pada sektor maritim.

Pada tahun 2023 ini Chery Group menetapkan target penjualan ekspor sebesar 700.000 unit atau meningkatkan volume ekspor hingga tujuh kali lipat dari tahun 2019.

Ya, tahun 2019 menjadi tahun pertama yang menandai pertumbuhan penjualan ekspor Chery International. Pada tahun itu, penjualan ekspor mencapai 96.000 unit dan meningkat 114.000 unit di tahun 2020 atau tumbuh 19 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (yoy).

Pada tahun 2021, Chery Group mengalami lonjakan penjualan ekspor sebesar 269.000 unit, atau tumbuh 136 persen (yoy).

Namun angka penjualan bersejarah ada pada tahun 2022 dengan membukukan penjualan sebanyak 450.000 unit, tumbuh sebesar 67 persen (yoy).

"Ke depan, Chery International telah memproyeksikan untuk memperluas kehadirannya di kawasan ASEAN dan pasar setir kanan lainnya dan telah menyusun rencana penetrasi pasar yang komprehensif, membidik negara-negara seperti Afrika Selatan, Indonesia, Australia, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, dan Inggris," ujar Shawn.

Saat ini, lanjut Shawn, Chery Afrika Selatan telah mencapai kesuksesan yang signifikan dengan menempati peringkat ke-7 di pasar mobil penumpang, sementara Chery Indonesia akan menjadi pusat produksi.

PT Chery Sales Indonesia (CSI) juga telah menyiapkan perakitan CKD yang dilengkapi dengan body painting dan akan memulai CDK penuh pada bulan Oktober 2023.

Pada tahun 2024, CSI menargetkan untuk mencapai tingkat lokalisasi sebesar 40 persen dan memulai ekspor pada paruh kedua tahun ini. Selain itu, CSI juga fokus untuk memperluas jaringan diler sebanyak 60 buah hingga akhir tahun ini.

Saat ini, diler Chery Arta Pluit juga sudah mengalami kesuksesan yang signifikan. Pertumbuhan setiap bulan sejak April kemarin mencapai 51 unit dan bulan ini akan mencapai 100 unit. Atau sejak IIMS Auto Show 2023, CSI sudah mendapatkan 1.500 SPK.