Microsoft Bawa Fitur dan Kemampuan Baru untuk Aplikasi Foto di Windows 11

JAKARTA - Microsoft meluncurkan serangkaian fitur baru, peningkatan, dan perbaikan berdasarkan umpan balik untuk aplikasi Foto di Windows 11. Tetapi belum tersedia secara umum, fitur tersebut baru mulai diluncurkan untuk pengguna di Windows Insiders pada Canary dan Dev Channel.

Rupanya, salah satu fitur yang paling banyak diminta untuk aplikasi Foto adalah opsi tampilan slide. Dengan Mode Tampilan Slide, pengguna bisa menghidupkan kembali kenangan mereka dan melihat foto dalam format tayangan slide, lengkap dengan transisi, animasi, serta 25 soundtrack musik asli untuk dipilih.

Pengguna tinggal mengklik salah satu foto untuk memulai tayangan slide atau pilih beberapa foto untuk ditonton bersama.

Microsoft juga membawa kembali bilah gulir timeline ke tampilan galeri Semua Foto, OneDrive, dan Foto iCloud yang mengelompokkan foto berdasarkan tahun dan bulan.

Dengan bilah gulir, pengguna bisa mudah melompat ke titik waktu mana pun dan menemukan foto yang mereka inginkan. Gulir timeline untuk menemukan foto yang pengguna butuhkan.

Selain itu, perusahaan juga memuncurkan fitur Spot Fix untuk menghilangkan noda atau area yang tidak diinginkan di foto. Fitur ini, sejatinya telah lama dimiliki aplikasi edit foto yang lebih profesional.

Lebih lanjut, Microsoft juga menyematkan fitur Koreksi Otomatis yang tersedia untuk digunakan tanpa harus menginstal add-on 93MB.

Saat mengimpor foto dari perangkat eksternal, kini pengguna juga dapat menarik dan melepas untuk memilih foto yang diinginkan dan menggunakan sakelar cepat untuk mengonfirmasi file yang telah dipilih.

Namun, foto iCloud Tersembunyi tidak akan lagi ditampilkan di galeri. Perubahan lainnya juga mencakup perbaiki masalah ketika audio pada file video dibisukan secara default.

Aplikasi sekarang akan memutar audio secara default dan mempertahankan pengaturan pengguna di seluruh video.

Menyalin serta menempelkan foto dari aplikasi Foto ke Outlook dan Teams kini menyisipkan gambar sebaris secara default, bukan menambahkan lampiran.

Raksasa Redmond, AS itu juga membekali pintasan cepat untuk memilih foto. Pengguna bisa menahan tombol Shift saat memilih foto di galeri untuk memilih beberapa foto berturut-turut, lalu ketika menekan tombol CTRL akan memilih beberapa foto yang tidak berurutan.

Untuk mendapatkan fitur dan perbaikan baru ini, pengguna perlu memperbarui aplikasi Foto ke versi 2023.11050.2013.0 atau lebih tinggi lagi, seperti dikutip dari laman resmi Microsoft, Jumat, 5 Mei.