Microsoft Bakal Bawa Banyak Fitur AI ke Aplikasi Windows 11, Termasuk Paint
Microsoft ingin menghadirkan fitur Kecerdasan Buatan (AI) ke berbagai aplikasi Windows 11, termasuk Paint. (foto: dok. Windows Latest)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft dilaporkan sedang mencari cara untuk menghadirkan fitur Kecerdasan Buatan (AI) ke berbagai aplikasi Windows 11, termasuk aplikasi Paint.

Dengan begitu, Microsoft Paint akan menjadi aplikasi berbasis AI yang dapat memiliki kemampuan untuk menghasilkan kanvas berdasarkan perintah teks.

Seorang sumber mengatakan, fitur AI akan didukung oleh teknologi yang sama di belakang Bing's Image Creator, alat yang mengeluarkan gambar berdasarkan deskripsi dibuat pengguna.

Pada gambar yang dibagikan Windows Central, dikutip dari The Verge, Rabu, 23 Agustus, terlihat tombol Magic Paint muncul bersama dengan sidebar. Di sana, pengguna dapat memasukkan deskripsi yang kemudian akan menghasilkan gambar.

Pengguna juga dapat mentransfer gambar itu ke kanvas untuk melakukan penyesuaian, yang belum diketahui pasti bagaimana cara kerjanya.

Selain itu, Microsoft juga sedang bereksperimen untuk menghadirkan fitur AI ke Foto, aplikasi Kamera, dan Snipping Tools.

Pada aplikasi Foto, kemungkinan pengguna bisa mengidentifikasi orang atau objek di foto mereka, lalu memotong dan menempelkannya di area lain.

Sementara Snipping Tools dan aplikasi Kamera, Microsoft diklaim akan menambahkan teknologi pengenalan karakter optik (OCR) di keduanya.

Teknologi itu dapat digunakan pada setiap aplikasi untuk mengidentifikasi teks dalam foto atau tangkapan layar, yang akan membuatnya jauh lebih mudah untuk menyalin dan menempel informasi dari file ini.