Gelar Konser Tunggal, Maliq & D'Essentials Ungkap Rahasia Bertahan 20 Tahun

JAKARTA - Maliq & D’Essentials akan merayakan 20 tahun berkarier di industri musik Indonesia lewat sebuah konser tunggal. Konser ini akan digelar pada Minggu, 14 Mei 2023 di JI EXPO Kemayoran, Jakarta.

Tidak mudah bagi sebuah band untuk bisa relevan di tengah persaingan musisi Indonesia. Namun bagi band enam orang ini, mereka menjelaskan bagaimana bisa bertahan bahkan berkembang menjadi band yang karyanya tetap dinantikan pendengar.

“Semua band mungkin sebagian besar dibentuk atas pertemanan dan berkembang kan. 20 tahun ini kita tentu ada up and down, dari ngeband gak dibayar sampai sekarang mikir konser ini kalau gak cuan ya gimana,” kata Angga, salah satu vokalis Maliq & D’Essentials pada konferensi pers Kamis, 4 Mei 2023.

“Bisnis itu bagian dari profesionalisme band. Kita punya sistem kerja dan goal yang terukur,” tambah Widi, drummer Maliq & D’Essentials.

Sepanjang berkarier, mereka selalu berdiskusi apa yang ingin mereka lakukan selanjutnya. Begitu juga ketika memutuskan mengadakan konser tunggal pertama kalinya.

“Kita udah melewati beberapa pergantian personil, tim manajer ganti, cuma terberat mungkin setiap kali pertanyaan kita mau ngapain lagi? Dari awal selalu bilang kita harus melakukan sesuatu, misal karya album, lagu terus belajar satu sama lain mengenali partner dan timnya,” ujar Indah, vokalis Maliq & D’Essentials.

“Kita nambah terus challenge di kita. Dari dulu Maliq setiap album baru selalu ditanya kenapa gak bikin lagu kayak album pertama. Kita belajar terus pengen apa yang bisa kita lakuin untuk ada di sana jadi band ini terus berkembang. Misal Maliq jadi berbisnis secara konkrit,” lanjutnya.

“Maliq makin berani untuk mengambil risiko. Konser, gak konser pun fine aja. Tapi kita perlu masalah baru supaya bandnya mikir lagi,” kata Widi.

Widi menambahkan, konser tunggal menjadi tantangan mereka untuk semangat bermusik di tahun selanjutnya. Mereka bahkan sudah punya rencana baru setelah konser digelar dan mengembangkan aspek lain.

“Gak banyak musisi setelah 20 tahun yang semangat eksplor kreatif. Berdasar idol-idol lain itu di umur 30 habis itu ngerjain yang lain. Konser itu trigger untuk mengerjakan dan semangat di tahun selanjutnya,” kata Widi.

Sementara itu Maliq & D’Essentials menjual tiket tambahan konser tunggal pada hari ini, Jumat, 5 Mei 2023. Sebanyak 2500 tiket dijual di berbagai kategori untuk penggemar yang belum mendapatkan tiket.