H+3 Lebaran, Pengunjung di Rutan Salemba Mulai Alami Penurunan

JAKARTA - Hari ketiga pascalebaran, jumlah pengunjung tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Jakarta Pusat atau Rutan Salemba mulai mengalami penurunan dibanding pada saat hari raya lebaran pertama dan kedua.

"Kunjungan hari ketiga pasca lebaran mengalami penurunan dibandingkan pada hari lebaran pertama. Saat ini, jumlah pengunjung hanya 618 orang yang terdiri dari 151 orang pengunjung laki-laki, 320 orang perempuan dan 147 orang anak," kata Kepala Rutan Kelas 1 Jakarta Pusat, Fauzi Harahap saat dikonfirmasi VOI, Selasa, 25 April.

Meski ada penurunan kunjungan tahanan, Rutan Kelas 1 Jakarta Pusat tetap bersiaga dalam mengantisipasi lonjakan pengunjung kepada warga binaan pemasyarakatan.

"Kita juga tetap memperketat pemeriksaan terhadap para pengunjung dan barang bawaan mereka. Makanan yang biasanya dibawa adalah makanan matang dan makanan instan. Kita juga batasi makanan yang dibawa pengunjung," ujarnya.

Sementara terkait kunjungan, tiap keluarga yang akan berkunjung untuk menemui sanak saudara yang menjadi warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Salemba hanya mencapai batas maksimal 8 orang.

"Jadi satu warga binaan diberikan batas maksimal 8 orang keluarga inti. Hari ini ada penurunan kunjungan dari warga, tidak seperti hari lebaran kemarin," katanya.