Usai Peningkatan Kemampuan, Tank Tempur Utama Altay Turki Bakal Jalani Pengujian Akhir Pekan Depan

JAKARTA - Tank tempur utama (MBT) Altay milik Turki siap menjalani pengujian pada akhir pekan depan oleh Angkatan Bersenjata Turki (TSK), setelah menjalani pengembangan dan peningkatan kemampuan oleh BMC Defense.

Pengujian tank Altay oleh TSK diharapkan selesai pada 2024. Pada 2025, produksi massal tank tersebut akan dimulai dengan mesin besutan Korea. Dan, direncanakan untuk melanjutkan produksi massal tank Altay dengan mesin domestik di paruh kedua tahun 2026.

Anggota Dewan Eksekutif dan Manajer BMC Murat Yalçıntaş mengatakan, BMF Defense adalah 100 persen perusahaan Turki, dengan hak kekayaan intelektual tank dan mesin Altay yang dibuat di pabrik tersebut adalah milik Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB).

Yalçıntaş mengatakan, tank tersebut telah mengalami perubahan signifikan sejak desain pertamanya pada tahun 2000-an, dengan banyak bagian sekarang dilokalkan dan perbaikan dilakukan berdasarkan pelajaran dari pertempuran dalam dua dekade terakhir, dilansir dari Daily Sabah 10 April.

Akibatnya, meski ada beberapa penundaan karena lokalisasi sistem tertentu, termasuk kelompok tenaga, tangki sekarang sudah lengkap dan disetujui untuk produksi massal.

Lebih lanjut dikatakannya, kerangka waktu yang diharapkan untuk pengujian dan implementasi adalah 1,5-2 tahun, dengan maksud untuk mengirimkan tank Altay baru dengan tenaga lokal ke TSK pada tahun 2026.

Ada minat dari beberapa negara sahabat dan sekutu untuk mengakuisisi tank Altay, kata Yalçıntaş, mengungkapkan keterbukaan untuk mengekspor tank sambil menunggu persetujuan dari Kementerian Pertahanan Nasional.

Sementara itu, General Manager Pertahanan BMC Mehmet Karaaslan mengatakan, tank Altay baru dengan banyak kemampuan unggul muncul setelah lokalisasi dan kemampuan tambahan yang dilakukan pada prototipe tank Altay yang diproduksi pada tahun 2014, karena kendala lisensi ekspor Jerman.

Di antara kemampuan baru yang ditambahkan ke tank Altay baru adalah sistem perlindungan aktif, sistem lapis baja yang ditingkatkan, sistem kontrol tembakan yang diperbarui, sistem kontrol kendaraan yang diperbarui, kelompok daya terkonsentrasi, sistem lokal (pengurangan kecepatan, sistem penglihatan tingkat dua penembak, trek, menara). ring gear), pompa bahan bakar dan hidrolik, mobile concealment net, periskop dan rotor.