Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyerukan peningkatan kesiapan tempurnya termasuk "kekuatan ideologis dan mental yang lebih besar," kata media pemerintah Hari Senin, saat ia meninjau divisi tank kenamaan negara itu.

Dalam kunjungan Hari Minggu ke Divisi Tank 105 Ryu Kong-su yang dijuluki Penjaga Seoul, Pemimpin Kim mendapat pengarahan dari komandan divisi mengenai rencana serangan dan operasi pertahanannya, meninjau dokumen dan memberikan arahan misi tempur operasional dan pelatihan bagi pasukan, kata KCNA.

"Dia menyampaikan tugas dan pedoman untuk memperkuat persiapan tempur dan kekuatan tempur unit dengan segala cara yang mungkin, termasuk cara mempersenjatai awak tank secara lebih menyeluruh dengan kekuatan ideologis dan mental yang luar biasa, melatih mereka secara militer dan fisik, dan sepenuhnya mempersiapkan peralatan teknologi tempur untuk operasi reguler," lapor media itu, dikutip dari Reuters 25 Maret.

Divisi tank ini merupakan divisi lapis baja pertama Korea Utara yang diluncurkan pada tahun 1948 dan bermarkas di Provinsi Hwanghae Utara, sebelah timur ibu kota Pyongyang.

Nama divisi tank ini diambil dari nama komandan pendirinya yang juga memimpinnya, ketika pasukan Korea Utara menduduki Seoul selama Perang Korea tahun 1950-53.

Dua pekan lalu, divisi tank ini mejadi yang terbaik dalam latihan perang yang digelar oleh Korea Utara, sekaligus untuk menguji kemampuan tank tempur utama (MBT) baru negara itu.

Pemimpin Kim juga hadir dan meninjau latihan tersebut bersama sejumlah pejabat senior, memuji kesiapan tempur pasukannya dan kinerja tank baru Korea Utara.