Chevrolet Camaro Umumkan Tutup Buku

JAKARTA - Pada 16 Mei 2015, Chevrolet memperkenalkan Camaro generasi keenam di Detroit, Amerika Serikat. Peluncuran itu menjelang ulang tahun ke-50 Camaro. Dan semua generasi Camaro juga turut dipamerkan. 

Terbaru, Rabu, 22 Maret 2023, mobil berotot yang diproduksi oleh General Motors ini mengumumkan di press room Chevrolet jika produksi Camaro untuk tahun 2024 merupakan versi terakhir. 

Padahal, sejak diluncurkan, Camaro generasi keenam ini cukup diminati pasar dengan terjual ratusan ribu unit meski bersaing dengan mobil berotot lain seperti Mustang dan Dodge Challenger. Untuk tahun tahun 2022 saja, penjualan Camaro naik 12,5% dari tahun sebelumnya.

“Tibalah masanya kami mengucapkan selamat tinggal kepada Camaro. Sulit untuk mengungkapkan rasa terima kasih kami kepada setiap pelanggan Camaro, karyawan di perakitan Camaro, dan penggemar balapan,” kata Scott Bell, Wakil Presiden Chevrolet dalam keterangannya.

Selama ini juga, Camaro generasi keenam selalu tampil di berbagai lintasan balap, termasuk NASCAR, IMSA, SRO, NHRA, dan Supercars Championship. 

Bulan Januari 2024 adalah akhir produksi Camaro generasi keenam di Lansing Grand River Assembly Plant di Michigan sebelum mereka beralih ke jajaran mobil listrik pada tahun 2035.

Untuk versi terakhir, mobilnya tersedia dalam varian coupe dan soft-top convertible. Nah, sebagai tanda perpisahan, GM akan merilis Collector's Edition 2024, termasuk untuk versi atas Camaro ZL1L. 

Camaro ZL1L yang memiliki mesin V8 supercharged 6,2L dengan tenaga 650 Hp dan torsi 650 lb akan mendapat tambahan desain sebagai bentuk penghormatan kepada sejarah Camaro dari generasi pertama pada 1960-an.