BMW iX5, Mobil Hidrogen Pertama BMW, Apa Kelebihannya?
Mobil hidrogen pertama BMW. (Dok. BMW)

Bagikan:

JAKARTA - BMW Group meluncurkan armada pilot mobil hidrogen pertama dengan model BMW iX5 Hydrogen pada akhir Februari 2023.

BMW iX5 Hydrogen dikembangkan berdasarkan BMW X5 saat ini dan pertama kali diluncurkan sebagai konsep di acara IAA pada tahun 2019.

Mobil ini dilengkapi dengan teknologi canggih dan ramah lingkungan yang menggunakan bahan bakar hidrogen untuk menghasilkan listrik. Peluncuran armada pilot ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi kinerja mobil hidrogen di jalan raya dan untuk mengetahui potensi penggunaannya di masa depan.

bmw
Ruang mesin BMW iX5 Hydrogen. (Dok. BMW)

BMW iX5 Hydrogen diklaim memiliki rentang jarak hingga 500 km dengan satu pengisian bahan bakar, sehingga memungkinkan penggunaan mobil ini dalam perjalanan jarak jauh tanpa khawatir kehabisan baterai. Mobil ini juga memiliki waktu pengisian yang relatif singkat, hanya membutuhkan sekitar 3-4 menit untuk mengisi penuh tangki hidrogen.

Dalam pengembangannya teknologi hidrogen, BMW Group bekerja sama dengan Toyota dan telah berinvestasi dalam infrastruktur pengisian hidrogen. BMW berharap teknologi ini dapat menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk mobil listrik baterai hidrogen dan dapat memainkan peran penting dalam mencapai tujuan netralitas karbon di masa depan.

pngisian
Butuh sekitar 3-4 menit untuk mengisi penuh BMW iX5 Hydrogen. (Dok. BMW)

"Peluncuran armada pilot BMW iX5 Hydrogen menunjukkan komitmen kami untuk memperkuat teknologi hidrogen sebagai alternatif yang menjanjikan untuk sistem propulsi masa depan kami. Kami yakin bahwa hidrogen dapat memainkan peran penting dalam memberikan solusi yang dapat diandalkan dan berkelanjutan untuk mobilitas di masa depan,” ungkap Oliver Zipse, Ketua Dewan Direksi BMW AG, dalam rilis BMW Group, 27 Februari 2023.