Pandemi COVID-19 Bikin Museum <i>Muscle Car</i> Jual Ratusan Koleksinya
Museum Muscle Car City. (Tangkapan layar musclecarcity net)

Bagikan:

JAKARTA - Didirikan 14 tahun silam, Museum Muscle Car City  yang terletak di Punta Gorda, Florida, Amerika Serikat boleh jadi merupakan surga bagi pecinta dan kolektor mobil klasik. Adalah Rick Treworgy, pendiri museum ini yang lama tergila-gila akan muscle car dan mobil klasik.

Memiliki mobil pertamanya di usia 14 tahun pada dekade 60-an, Treworgy sudah melakukan jual-beli mobil sejak duduk di bangku sekolah. Perlahan, ia mampu mengumpulkan ratusan mobil klasik dari berbagai rentang waktu. Semuanya dalam kondisi baik dan terawat, layaknya diler mobil baru.

Melansir TheDrive, museum yang dianggap sebagai salah satu pengoleksi mobil lansiran General Motors terbaik di dunia ini, memiliki banyak model Chevrolet kendati juga ada beberapa merek lain. Namun, Chevrolet memang mendominasi di museum ini. 

Di museum seluas hampir 10 ribu meter persegi ini, mobil-mobil dari tahun 50-an, 60-an dan 70-an tampil apik, termasuk convertible, dengan cat dua warna, semua sungguh mengesankan. Menggambarkan hobi merestorasi mobil klasik dari sang pemilik yang sudah berlangsung 40 tahun lamanya. 

muscle car city
Tampak depan Museum Muscle Car City. (Tangkapan layar musclecarcity net)

Koleksi Corvette di sini juga lengkap. Melansir mustdo, museum ini memiliki setidaknya satu Corvette dari setiap tahun pembuatan di tahun 1954 hingga 1975. Kemudian juga ada beberapa koleksi dari setiap seri lansiran tahun 1975 hingga 2006. Termasuk Corvette C8 2020 yang baru menempuh jarak kurang dari 300 meter di odometer.

Termasuk dalam deretan koleksi mobil klasik dan banyak diburu kolektor di sini antara lain, SS El Camino, Big Block Impala, GM Performance Cas, Z-28 Camaro, Pontiac GTO, Oldsmobile 442s, 396 Camaro hingga SS Chevelle.

muscle car city
Mobil klasik di sini layaknya mobil baru. (Tangkapan layar musclecarcity net)

Nostalgia 60-an

Tak hanya memajang mobil, tempat ini juga memiliki toko yang menjual berbagai suku cadang untuk merestorasi mobil klasik. Ini salah satu favorit, dimana mereka yang datang bisa berburu suku cadang mobil yang mereka butuhkan.

Agar makin lengkap dengan nuansa nostalgia dengan mobil klasik, di sini juga ada StingRays Bar & Grill retro yang merupakan suguhan bagi siapa saja yang mengingat tahun 60-an. 

Buka dari jam 8 pagi setiap hari, di sini tersedia burger, hot dog, sandwich, ayam, steak, salmon, omelet, bagel, salad dan banyak lagi. Ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati minuman seperti floaties kuno, soda, shake dan es krim buatan sendiri.

muscle car city
Mayoritas mobil di sini siap jalan. (Tangkapan layar musclecarcity net)

Sayang, lebih dari 200 mobil koleksi museum ini akan dijual dalam lelang yang digelar pada 22-23 Januari. Pintu museum ini pun disebut sudah ditutup pada 17 Januari lalu. Semula, Treworgy ingin pensiun tahun depan dan menjual semua koleksi museumnya tahun depan.

muscle car city
Koleksi Muscle Car City. (Tangkapan layar musclecarcity net)

Namun, pandemi COVID-19 membuat rencana ini maju setahun lebih cepat. Semua koleksi impian kolektor mobil klasik di sini akan dijual, termasuk koleksi mobil Chevelle, Camaro, El Camino, 442, GTO performa tinggi, turquoise Cameo 1957 dan restomod Corvette 1967.

Treworgy tak khawatir tidak bisa menyalurkan hobinya lagi. Sebab, ia masih memiliki 'museum mini' di rumahnya Tempat ia menyimpan 50 koleksi favoritnya. Dua puluh di antaranya adalah Corvette 1967 dalam berbagai warna. Plus bangunan seluas hampir 600 meter persegi untuk menyimpan komponen Chevrolet.