NVIDIA Perkenalkan AI Foundation, Layanan Cloud AI Generatif yang Bisa Disesuaikan

JAKARTA - Selama acara GPU Technology Conference (GTC) 2023, NVIDIA mengumumkan tiga layanan cloud yang diberi nama NVIDIA AI Foundation, yang memungkinkan perusahaan membangun dan menjalankan model bahasa besar khusus dan model AI generatif yang dilatih untuk tugas-tugas tertentu.

Adapun ketiga layanan cloud tersebut adalah NVIDIA NeMo, mesin generasi text-to-image.

Selanjutnya ada NVIDIA BioNemo, model NeMo yang berfokus pada penemuan obat dan molekul yang dibuat untuk komunitas riset medis, dan terakhir Picasso, sebuah model AI yang mampu menghasilkan gambar, video, dan aplikasi 3D untuk meningkatkan produktivitas kreativitas, desain, dan simulasi digital.

Layanan NeMo dan Picasso keduanya beroperasi pada platform DGX Cloud NVIDIA yang baru dan pada akhirnya akan dapat diakses melalui portal online, meskipun saat ini masih tahap awal pengembangan.

“Generative AI mendorong adopsi AI yang cepat dan menciptakan kembali industri yang tak terhitung jumlahnya. NVIDIA AI Foundation memungkinkan perusahaan menyesuaikan model pondasi dengan data mereka sendiri untuk menghasilkan sumber daya manusia yang paling berharga kecerdasan dan kreativitas," kata Jensen Huang, pendiri dan CEO NVIDIA.

Menurut NVIDIA, setiap layanan cloud mencakup enam elemen: model pra pelatihan, kerangka kerja untuk pemrosesan data, basis data dan personalisasi vektor, mesin inferensi yang dioptimalkan, API, dan dukungan dari pakar NVIDIA untuk membantu perusahaan menyempurnakan model untuk kasus penggunaan khusus mereka.

Layanan berbasis cloud ini berfungsi sebagai template kosong yang dapat digunakan perusahaan untuk menyimpan database mereka sendiri untuk dilatih secara khusus.

Jadi perkiraannya seperti ini, jika Bard AI milik Google dilatih dan menarik data dari seluruh informasi yang ada di internet untuk memberikan respons kepada pengguna, AI NVIDIA akan memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan Model Bahasa Besar (LLM) mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan spesifiknya.

Dengan demikian, model AI NVIDIA memungkinkan perusahaan menyesuaikan model untuk mendukung aplikasi AI generatif yang akurat untuk intelijen pasar, pencarian perusahaan, chatbot dan layanan pelanggan, dan banyak lagi.

Di antara perusahaan-perusahaan besar, Getty Images, Morningstar, Quantiphi, dan Shutterstock adalah beberapa perusahaan yang akan menggunakan NVIDIA AI Foundation untuk membuat dan menggunakan model AI, aplikasi yang mencakup bahasa, gambar, video, dan 3D.