Google Mulai Buka Akses Chatbot AI Bard ke Beberapa Negara Hari Ini
Foto: Google Bard (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak peluncurannya pertama kali pada bulan Februari, Google telah melakukan pemutakhiran terhadap AI generatifnya, Bard, setelah sebelumnya Bard menyebarkan informasi yang salah.

Akhirnya, setelah melewati masa-masa tersebut, hari ini Google mulai membuka akses ke Bard sebagai eksperimen awal yang memungkinkan Anda berkolaborasi dengan AI generatif, untuk pengguna di AS dan Inggris.

"Ini mengikuti pengumuman kami dari minggu lalu karena kami terus menghadirkan pengalaman AI yang bermanfaat bagi orang-orang, bisnis, dan komunitas," kata Sissie Hsiao selaku VP, Product Bard dan Eli Collins selaku VP, Research Bard dalam pengumumannya.

Menurut raksasa penelusuran itu, Anda bisa menggunakan Bard untuk meningkatkan produktivitas, mempercepat ide, dan membangkitkan rasa ingin tahu Anda.

"Anda dapat meminta Bard untuk memberi Anda kiat untuk mencapai tujuan membaca lebih banyak buku tahun ini, menjelaskan fisika kuantum dalam istilah sederhana, atau memicu kreativitas Anda dengan membuat kerangka entri blog," jelas keduanya.

Setelah membuka akses dan menguji cobanya ke beberapa pengguna, Google akan mengambil masukan-masukan yang diberikan untuk dipelajari lagi, dan memperbaikinya di masa mendatang.

Sebagai informasi, Bard didukung oleh penelitian model bahasa besar (LLM) yang ringan dan dioptimalkan, dan akan diperbarui dengan model yang lebih baru dan lebih mumpuni dari waktu ke waktu. Itu didasarkan pada pemahaman Google tentang informasi berkualitas.

"Kami terus melihat bahwa semakin banyak orang menggunakannya, semakin baik LLM memprediksi respons apa yang mungkin berguna," jelas Google.

Mungkin saat ini, hanya pengguna di AS dan Inggris saja yang bisa mengaksesnya, namun Google menegaskan bahwa akses ini akan berkembang ke lebih banyak negara dan bahasa dari waktu ke waktu.

Kami akan terus meningkatkan Bard dan menambahkan kemampuan, termasuk pengkodean, lebih banyak bahasa, dan pengalaman multimodal. Dan satu hal yang pasti: Kami akan belajar bersama Anda sambil jalan. Dengan umpan balik Anda, Bard akan terus menjadi lebih baik dan lebih baik," pungkasnya.

Jika Anda berada di wilayah tersebut, Anda dapat mendaftar untuk mencoba Bard di bard.google.com.