Harga Bitcoin Naik, Indodax Kasih Tips Jitu Investasi Kripto untuk Pemula
Foto: Tips investasi kripto (foto: Indodax)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Selasa, 21 Maret kemarin, berdasarkan market Indodax, Bitcoin berada di angka Rp428 juta. Momen kenaikan harga yang dialami oleh Bitcoin juga sudah berlangsung sejak minggu lalu pasca pengumuman kasus Silicon Valley Bank.

Harga Bitcoin naik sebesar 14 persen jika dibandingkan dengan harga di tanggal yang sama pada bulan Februari 2023 yang bertengger di angka Rp376 juta.

Dari pergerakan harga Bitcoin ini, bisa dilihat bahwa harga Bitcoin cenderung naik pada awal tahun 2023. Menyoroti tren kenaikan ini, CEO Indodax Oscar Darmawan tidak heran jika banyak investor kini banyak membeli Bitcoin.

"Sebagai aset lindung nilai, Bitcoin dianggap sebagai safe haven asset class yang dianggap aman oleh beberapa investor. Dengan harga Bitcoin yang menyentuh momen tertinggi nya di tahun 2023, tentu tidak heran bahwa investor kini sedang banyak membeli Bitcoin sehingga harganya pun naik karena permintaan yang juga naik," ujar Oscar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Bagi para investor kripto pemula yang hendak berinvestasi kripto di tahun ini, sebagai salah satu pelaku di industri kripto, Oscar merasa bahwa tahun ini merupakan tahun yang tepat karena sebentar lagi Bitcoin akan masuk pada fase halving day, dimana fase ini sangat amat berpengaruh terhadap kenaikan harga Bitcoin.

Agar mendapatkan keuntungan dalam bertransaksi Bitcoin, Oscar menyarankan bahwa investor perlu memilih crypto exchange yang legal dan terdaftar dari Bappebti. Indodax merupakan salah satu crypto exchange tersebut.

"Selain itu, penting bagi investor untuk memakai uang dingin (uang yang tidak dipakai untuk kepentingan sehari-hari) untuk berinvestasi pada Bitcoin. Para investor pemula perlu paham bahwa investasi pada Bitcoin dan aset kripto memiliki risiko yang tinggi," jelasnya.

Oleh karenanya, Oscar menambahkan, dengan memakai uang dingin untuk berinvestasi pada Bitcoin, investor tidak akan terburu buru untuk menjual apabila harga sedang turun dan bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan.

Tips terakhir, di tengah banyaknya investor pemula yang FOMO atau hanya ikut tren investasi kripto tanpa mempertimbangkan plan trading, Oscar menyoroti pentingnya Do Your Own Research dan memahami terlebih dahulu analisa fundamental dan teknikal pada Bitcoin.

"Penting sekali bagi investor untuk melakukan Do your Research, belajar terlebih dahulu teknik trading yang benar dengan mempertimbangkan time frame trading, analisis fundamental dan analisis teknikal yang benar agar bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli serta menjual sehingga bisa memaksimalkan keuntungan yang ada," tutup Oscar.