Beta Technologies Kejar Sertifikasi FAA untuk Pesawat Listrik CX 300, Terima Pesanan dari Tiga Pelanggan

JAKARTA - Beta Technologies mengejar sertifikasi Federal Aviation Administration (FAA) untuk pesawat listrik berbentuk sayap tetap setelah menerima pesanan dari tiga pelanggan. Hal ini diumumkan oleh perusahaan tersebut pada Selasa 14 Maret.

Startup yang berbasis di Vermont dan bersifat swasta ini melihat sertifikasi CX 300 – versi lepas landas dan mendarat konvensional dari pesawat Alia 250 atau vertical takeoff dan landing (eVTOL) listriknya - sebagai jalan untuk memperkenalkan pesawat listrik ke ruang udara Amerika Serikat di bawah peraturan yang ada. 

"Ini adalah pendekatan pragmatis secara bertahap," kata kata Chief Executive Kyle Clark kepada Reuters. "Kami dapat menangani satu langkah dengan pengenalan propulsi listrik, dan kemudian pada langkah berikutnya, pengenalan kemampuan vertikal, dan pada langkah berikutnya lagi, pengenalan layanan penumpang."

Bristow Group, penyedia layanan helikopter yang sebelumnya memesan pesawat eVTOL dari Beta, telah memesan hingga 50 pesawat listrik CX 300. United Therapeutics memesan jumlah CX 300 yang tidak dijelaskan, dengan rencana untuk menggunakannya untuk mengangkut peralatan medis dan organ yang dapat ditransplantasikan. Air New Zealand juga menyatakan niat untuk memesan tiga CX 300, dengan opsi untuk 20 lainnya.

Saat industri transportasi udara bekerja untuk menurunkan emisi karbon, "taksi udara" listrik dianggap sebagai potensi perubahan yang akan memungkinkan maskapai penerbangan dan perusahaan lain mengangkut orang dan barang melalui udara dalam jarak pendek.

Akhir tahun lalu, FAA mengeluarkan kriteria keselamatan udara untuk Joby Aviation dan Archer Aviation, dua pesaing Beta di ruang eVTOL. Joby mengatakan berencana memulai layanan taksi udara komersial pada tahun 2025 setelah menerima sertifikasi FAA.

Clark yakin bahwa CX 300 konvensional memberikan "jalan yang lebih mudah untuk disertifikasi" karena dapat disertifikasi di bawah peraturan FAA yang ada untuk pesawat. Perusahaan telah mengajukan permohonan sertifikasi pada bulan November, dengan target tanggal 2025.

"Jika berhasil, Beta dapat menggunakan kembali sebagian besar data untuk menyertifikasi pesawat eVTOL Alia, yang menggunakan kerangka pesawat, baterai, dan sistem propulsi yang sama," kata Clark.