Mt Gox Akan Kembalikan Dana Kreditur Sekitar 138 Ribu Bitcoin, Harga BTC Bakal Turun?

JAKARTA - Bitcoin mengalami tren penurunan selama 30 hari terakhir karena ketidakpastian yang ditimbulkan oleh penyelidikan SEC AS dan krisis Silvergate. Namun, menurut laporan, Bitcoin tidak akan terus merosot di masa depan.

Berdasarkan keterangan CoinSpeaker, kreditor Mt Gox akan menerima pembayaran mereka dalam bentuk Bitcoin yang dapat memicu aksi jual di pasar. Para kreditur Mt Gox diperkirakan akan menerima sekitar 138 ribu Bitcoin (BTC) yang bernilai sekitar 3 miliar dolar AS (setara Rp46 triliun), pada tanggal 10 Maret mendatang.

Hal ini dapat memicu peristiwa Black Swan di pasar kripto. Namun, apakah kreditor akan menjual Bitcoin yang mereka terima masih menjadi pertanyaan. Kreditor Mt Gox juga memiliki 143 ribu Bitcoin Cash (BCH) senilai sekitar 19 juta dolar AS (Rp291,9 miliar).

Sebagai informasi tambahan, peristiwa Black Swan sering disebut sebagai peristiwa tak terduga yang dapat memicu konsekuensi besar dalam suatu sistem. Krisis ekonomi Amerika Serikat pada tahun 2008 adalah contoh nyata dari peristiwa Black Swan yang memicu dampak besar di seluruh dunia.

Pada 2008, pasar perumahan Amerika Serikat mengalami penurunan harga yang signifikan, yang pada gilirannya memicu krisis finansial global yang mempengaruhi seluruh sektor keuangan.

BACA JUGA:


- https://voi.id/teknologi/205631/mt-gox-bantah-rumor-bakal-dump-bitcoin

- https://voi.id/teknologi/217039/mt-gox-rilis-prosedur-pengembalian-137-000-bitcoin-untuk-korban-peretasan-pada-2011

- https://voi.id/teknologi/230592/peretas-mt-gox-kirim-10-000-bitcoin-ke-bursa-kripto-dan-wallet-pribadi

[/see_also

Beberapa faktor yang menyebabkan peristiwa Black Swan pada krisis ekonomi Amerika adalah kebijakan perumahan pemerintah, praktik perbankan yang berisiko, dan peran pasar perumahan yang kompleks. Peristiwa ini memicu keruntuhan bank, kehilangan pekerjaan massal, dan hilangnya nilai aset di seluruh dunia.

Kendati begitu, para ahli percaya bahwa para kreditur akan mempertahankan Bitcoin daripada menjualnya. Pada November 2021, harga Bitcoin mencapai level tertinggi 69 ribu dolar AS (sekitar Rp900 jutaan pada saat itu). Namun, perlu diperhatikan bahwa dua kreditor terbesar memilih opsi pembayaran yang tidak memaksa penjualan Bitcoin. Mereka mengambil opsi pembayaran sekaligus yang akan dibayarkan pada bulan September.

Meski demikian, penjualan besar-besaran Bitcoin dapat menimbulkan tekanan jual di pasar. Saat ini, harga Bitcoin berada pada kisaran Rp344 jutaan per koin. BTC mengalami penurunan sebesar 0,4 persen dalam 24 jam terakhir. Bitcoin memiliki kapitalisasi pasar sekitar 432 miliar dolar AS yang setara Rp6,6 kuadriliun berdasarkan data CoinMarketCap.