Dari Paul Stanley sampai Alex Skolnick Angkat Bicara soal Kerusuhan Capitol Hill

JAKARTA - Barisan rocker dan metalhead dunia bereaksi terkait kerusuhan yang terjadi di Gedung Kongres Capitol Hill, Rabu, 6 Januari waktu Amerika Serikat. 

Paul Stanley (KISS), Tommy Lee (Motley Crue), Tom Morello (Rage Against The Machine), Alex Skolnick (Testament), dan Dino Cazares (Fear Factory) berada di antara musisi yang bereaksi di media sosial atas insiden tersebut. 

Lalu, ada juga nama-nama seperti Andy Biersack (Black Veil Brides), Mark Morton (Lamb Of God , Robb Flynn (Machine Head), Phil Rind (Sacred Reich), Otep Shamaya (Otep), Doc Coyle (Bad Wolves) dan Danko Jones. 

Ratusan pengunjuk rasa pendukung Donald Trump menerobos barikade dan menyerbu Capitol Hill. Hal tersebut memaksa Senat mengungsi dan Wakil Presiden Mike Pence dipindahkan ke lokasi aman.

Sebelumnya pada hari yang sama, Trump - yang menolak untuk menerima hasil pemilu dan dengan tanpa dasar menegaskan bahwa hasil pemilu adalah penipuan - mendorong ribuan pendukungnya untuk menggeruduk Capitol Hill, memprotes konfirmasi kemenangan Joe Biden. 

Trump kemudian kembali ke Gedung Putih, meskipun memberi tahu para pendukungnya bahwa dia akan bergabung dalam pawai ke Capitol Hill.

Trump berulang kali mengklaim bahwa pemilu telah dicuri. Tetapi, segala upaya hukum yang ia lakukan untuk meyakinkan hakim Amerika di seluruh negeri agar membatalkan jutaan suara di enam negara bagian utama dan menyatakan dia sebagai pemenang pemilihan presiden 2020 tidak berhasil.

Tidak ada bukti yang ia berikan atas tuduhannya. Lusinan pengadilan federal, baik hakim dari Demokrat maupun Republik, menolak tuntutan hukum yang merujuk pada klaim tersebut.

Pemilihan presiden berakhir dengan kemenangan untuk Biden dengan 306 suara elektoral. Biden telah menerima 81 juta suara di seluruh Amerika - suara terbanyak untuk calon presiden mana pun dalam sejarah - dibandingkan dengan 74 juta suara untuk Trump.