Sempat Down Kini Layanan Microsoft 365 Kembali Pulih, Ini Akar Masalahnya!

JAKARTA - Beberapa layanan Microsoft 365 mengalami gangguan Rabu 25 Januari yang memengaruhi pengguna di seluruh dunia, tapi kini perusahaan mengumumkan telah kembali pulih.

Masalah tersebut telah mengganggu akses ke sejumlah besar layanan termasuk Microsoft Teams, OneDrive, Outlook, Xbox Live dan Azure.

Untuk layanan Azure, mulai pukul 07:05 UTC, pelanggan mengalami masalah dengan konektivitas jaringan, yang bermanifestasi sebagai latensi jaringan dan/atau waktu tunggu habis saat mencoba menyambungkan ke sumber daya Azure di beberapa wilayah, serta layanan Microsoft lainnya.

Microsoft menyatakan pemadaman terjadi karena perubahan yang dilakukannya pada Wide Area Network, yang sekarang telah diselesaikan.

"Kami mengonfirmasi bahwa layanan yang terpengaruh telah pulih dan tetap stabil. Kami sedang menyelidiki beberapa dampak potensial terhadap Exchange Online Service. Selanjutnya, pembaruan pada investigasi Exchange akan tersedia di pusat admin Anda di bawah SI# EX502694," tweet @MSFT365.

Downdetector, yang melacak pemadaman situs web, juga menunjukkan berkurangnya jumlah pengguna yang melaporkan masalah tersebut.

Sekarang, banyak orang dan bisnis akan bernapas lega sekarang layanan Microsoft telah kembali online. Namun bagi ribuan orang yang kehilangan akses ke layanan, ini merupakan ketidaknyamanan.

Mengingat, betapa banyak yang mengandalkan Big Tech untuk membantu pekerjaan sehari-hari dan bisnis dengan produk yang tidak dapat dikendalikan saat terjadi kesalahan.