Gardu Listrik Dirusak: Ribuan Penduduk di Tacoma Washington Gelap-gelapan, Aparat Gelar Penyelidikan

JAKARTA - Ribuan penduduk terpaksa gelap-gelapan tanpa listrik di dekat Tacoma, Negara Bagian Washington, setelah tiga gardu listrik dirusak, kata pihak berwenang setempat padaHari Minggu, menambahkan bahwa belum jelas apakah ini terkait insiden sebelumnya.

Departemen Sheriff Pierce County mengatakan, penyerangan dilaporkan terjadi di dua gardu induk milik Tacoma Public Utilities dan satu lagi milik Puget Sound Energy.

Para deputi menyebut, penyerang masuk secara paksa ke area berpagar, dengan peralatan dirusak tetapi tidak ada yang diambil dari lokasi tersebut, katanya. Lebih dari 14.000 pelanggan terpengaruh, akibat hal ini.

"Saat ini para deputi sedang melakukan penyelidikan awal. Kami tidak memiliki tersangka yang ditahan. Tidak diketahui apakah ada motif atau apakah ini merupakan serangan terkoordinasi terhadap sistem tenaga," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan di situs webnya, melansir Reuters 26 Desember.

Awal bulan ini, sebuah utilitas di Carolina Utara melaporkan pemadaman akibat penembakan yang diatur menurut otoritas lokal, dengan peristiwa tersebut kini diselidiki penegak hukum federal.

FBI juga telah menyelidiki tembakan yang ditembakkan di dekat fasilitas listrik di Carolina Selatan beberapa hari kemudian, dan apakah kedua insiden tersebut dapat terkait, NBC News dan media lokal lainnya melaporkan.

Jaringan listrik nasional Amerika Serikat tengah mengalami gangguan akibat cuaca dingin ekstrem yang melanda seluruh negeri minggu ini, menyebabkan lebih dari 300.000 orang tanpa listrik akibat badai musim dingin.

Di Piece County timur, sekitar 2.700 orang yang dilayani oleh Tacoma Public Utilities tetap terpengaruh pada tengah hari pada Minggu, setelah 7.300 penduduk awalnya kehilangan aliran listrik di daerah tersebut, sekitar 45 mil (72 km) selatan Seattle, Tacoma Public Utilities mengatakan dalam sebuah unggahan di Twitter.

"Kami sedang bekerja secepat dan seaman mungkin untuk memulihkan listrik," katanya, mencatat bahwa gardu induknya "diserang" sebelumnya pada Minggu pagi dan insiden tersebut dilaporkan ke polisi.

Sementara, perwakilan Puget Sound Energy tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.