Komisi Perdagangan AS Cekal Upaya Microsoft Akuisisi Activision Blizzard, Ini Alasannya!

JAKARTA - Upaya Microsoft Corp untuk mengakuisisi Activision Blizzard, sebagai langkah awal untuk membangun inisiatif Metaverse, kini menemui hambatan setelah intervensi oleh Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (FTC).

FTC berusaha memblokir Microsoft untuk mengakuisisi perusahaan raksasa gim tersebut sebagai cara untuk mempromosikan persaingan yang adil dalam konsol game berkinerja tinggi dan layanan berlangganan. Namun, CEO dan Ketua Microsoft, Satya Nadella, sebelumnya menyatakan bahwa akuisisi akan “memainkan peran kunci dalam pengembangan platform metaverse.”

Dalam keluhan baru-baru ini, FTC berpendapat bahwa Microsoft dan Sony telah "mengendalikan" industri game berkinerja tinggi, melalui konsol XBOX dan Play Station, dan mengakuisisi Activision Blizzard akan meningkatkan kekuatan Microsoft di sektor tersebut.

Holly Vedova, Direktur Biro Persaingan FTC, memberi catatan Microsoft dalam mengakuisisi ZeniMax dan membatasi penerbitan game populer, seperti Starfield dan Redfall, ke konsol XBOX.

“Microsoft telah menunjukkan bahwa ia dapat dan akan menahan konten dari para pesaing game-nya,” kata Vedova, seperti dikutip Cointelegraph.

Keluhan tersebut berspekulasi nasib serupa untuk Call of Duty, World of Warcraft, Diablo dan Overwatch, di antara gim lain, yang termasuk dalam ekosistem Activision. Namun, kekhawatiran FTC secara tidak langsung berdampak pada inisiatif metaverse Microsoft.

Pada Juli lalu, FTC mengajukan tuntutan hukum terhadap raksasa media sosial Meta, yang menuduh "target utamanya untuk memiliki seluruh 'metaverse'." telah mematikan pesaing yang lebih lemah dan kurang mampu bersaing secara serius. Meta dituduh  mendapatkan lebih banyak pengguna, konten, dan pengembang.

Pada bulan Oktober, pemegang saham Meta mendesak perusahaan untuk mengurangi investasi tahunannya. Menurut Brad Gerstner, CEO dan pendiri firma investasi teknologi Altimeter Capital, investasi Meta sebesar 10 miliar hingga 15 miliar dolar AS per tahun untuk membangun metaverse mungkin membutuhkan satu dekade untuk menghasilkan keuntungan.

“Diperkirakan investasi 100B+ di masa depan yang tidak diketahui sangatlah besar dan menakutkan, bahkan menurut standar Silicon Valley,” kata Gerstner.