CNN Tutup Proyek NFT, Investor Kecewa karena Hanya Mirip Rug Pull 

JAKARTA - Outlet multimedia yang berbasis di Amerika Serikat, CNN, mengumumkan dalam sebuah tweet pada 10 Oktober bahwa mereka akan menutup proyek token nonfungible (NFT) kurang dari empat bulan setelah peluncurannya.

Token yang dijuluki “Vault by CNN: Moments That Changed Us,” koleksi tersebut mencakup serangkaian momen berita ikonik dari sejarah 41 tahun CNN, bersama dengan brankas untuk membeli, menyimpan, dan menampilkan NFT.

Dalam menjelaskan keputusan tersebut, CNN mengatakan Vault adalah "eksperimen 6 minggu" dan "percobaan pertama ke Web3.‍" Namun, perusahaan "tidak akan lagi mengembangkan atau mempertahankan komunitas ini." Koleksi ini awalnya dicetak di blockchain Flow, sementara CNN “mempertahankan hak cipta dan kepemilikan atas konten.”

Menurut peta jalan resminya, pengembang seharusnya menerapkan fitur baru seperti “fasilitas eksklusif CNN untuk kolektor Vault” dan “buat artikel CNN Anda sendiri NFT.” Di server Discord proyek, anggota staf CNN, Jason, mengatakan bahwa pengguna akan menerima 20% dari harga mint asli token NFT dalam bentuk stablecoin atau token FLOW yang disetorkan ke dompet kolektor.

Meskipun ada perbedaan yang signifikan antara harga yang diminta dari Vault oleh CNN NFT di pasarnya, banyak dari mereka yang dicetak hanya dengan 10 dolar AS pada awalnya, menunjukkan sangat sedikit jeda untuk pemegang NFT berdasarkan rencana penggantian yang diusulkan.

Sementara itu, banyak pengguna di 1.400 lebih komunitas Discord proyek telah menyuarakan ketidaksenangan mereka atas keputusan tersebut.

Seorang dengan nama akun RichardRazo, yang dikutip Cointelegraph menulis: “Sebagai investor, saya tidak tahu apakah saya bisa berharap untuk mencapai titik impas dalam beberapa tahun. Apakah CNN dapat membagikan mengapa mereka menganggap 20% adil karena, bagi saya, itu menyiratkan bahwa mereka berharap kami dapat mencapai titik impas atau menghasilkan keuntungan dalam beberapa tahun, bukan? Jika tidak, maka ini seperti tarikan karpet.”