Perbedaan B2B dan B2C, Definisi Beserta Contohnya

YOGYAKARTA - Haruskah bisnis saya menjual B2B atau B2C? Itu pertanyaan penting yang harus dipertimbangkan oleh pemilik bisnis dan pengusaha, sehingga mereka dapat membuat keputusan terbaik untuk bisnis mereka. Lalu apa perbedaan B2B dan B2C?

Kami akan memandu Anda melalui perbedaan antara model bisnis B2B dan model B2C atau D2C, manfaat masing-masing, dan mengapa Anda harus memilih satu atau yang lain.

B2B mengacu pada perusahaan "bisnis-ke-bisnis" yang menyediakan layanan atau produk untuk bisnis lain. B2C mengacu pada perusahaan "bisnis-ke-konsumen" yang menjual langsung ke konsumen individu. 

Dua hal itu adalah dua model bisnis terpisah yang melayani berbagai jenis pelanggan, satu menjadi bisnis dan yang lainnya langsung ke konsumen. Perbedaan utama antara B2B dan B2C adalah audiens untuk aktivitas pemasaran Anda.

Perbedaan B2B dan B2C

Bisnis to Bisnis (Unsplash)

 

Perbedaan utama antara bisnis B2B dan B2C adalah pelanggan yang dituju. B2B menjual ke bisnis yang menjual kembali produk sementara B2C menjual langsung ke konsumen akhir.

Pesan utama untuk B2B berfokus pada apa yang dapat diberikan produk Anda ke bisnis mereka. Jaring yang Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan B2C jauh lebih luas daripada B2B. Pemasaran B2C berfokus pada demografi, kelompok sosial ekonomi, dan selera konsumen.

Dalam pemasaran B2C, nada suara, saluran komunikasi, dan insentif pembelian cenderung berbeda antara produk dan layanan. Ini adalah perbedaan utama antara pemasaran B2B dan B2C, karena audiens target biasanya lebih mirip untuk pemasaran B2B.

Perbedaan besar lainnya antara bisnis B2B dan B2C adalah mereka juga cenderung beroperasi secara berbeda dan menawarkan manfaat unik. Ada banyak nuansa untuk menawarkan insentif yang tepat untuk membeli dari bisnis Anda.

Contohnya

Jika ide model bisnis B2B dan B2C tampak membingungkan, berikut adalah contoh sederhana untuk membantu. Katakanlah Anda seorang petani yang menanam semangka. Anda telah memanen hasil panen tahun ini dan memiliki 1.000 semangka untuk dijual. Anda harus memutuskan apakah Anda akan memilih rute B2B atau B2C.

Jika Anda memilih rute B2B, Anda perlu mencari pengecer untuk membeli semangka Anda secara grosir. Ini bisa berupa toko kelontong, restoran, atau petani lain yang membutuhkan semangka tambahan. Anda akan menjual dalam jumlah besar dengan harga diskon ke pihak lain yang kemudian akan menjual semangka tersebut dalam bentuk tertentu kepada konsumen.

Jika Anda memilih go B2C, Anda malah akan mendirikan stan pertanian. Di stand pertanian ini, Anda menjual semangka langsung ke pelanggan sebagai bisnis makanan DTC. Ini mengharuskan Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjual semangka, tetapi Anda dapat menjualnya dengan harga lebih tinggi.

B2B vs B2C: Mana yang Lebih Baik?

Baik model bisnis B2B maupun B2C secara inheren tidak lebih baik; mereka berdua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagian besar bisnis lebih cocok untuk satu model atau yang lain. Model yang paling sesuai dengan bisnis Anda ditentukan oleh tujuan, infrastruktur, dan industri Anda. Berikut ini ikhtisar singkat B2B vs. B2C untuk menentukan strategi mana yang sesuai dengan bisnis Anda:

Jika Anda menjalankan bisnis yang membuat produk secara massal dan membutuhkan pergudangan, B2B mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Ini akan memungkinkan Anda untuk berpartisipasi dalam pengiriman massal dan mengembangkan hubungan dengan bisnis di seluruh dunia. Anda harus mempelajari perbedaan antara pengiriman datar, pengiriman cepat, dan pengiriman semalam.

Sebagai alternatif, Anda dapat menawarkan dropshipping dan menangani operasi pengiriman untuk bisnis tempat Anda menjual. Keuntungan bisa lebih tinggi, tetapi hanya jika Anda menjual produk yang cukup. Lakukan riset untuk menemukan produk dropshipping terbaik untuk ditawarkan kepada pelanggan. Setelah Anda mempelajari cara dropship secara efektif, Anda dapat fokus untuk mencapai margin keuntungan yang solid.

Jika Anda memiliki batch produk yang lebih kecil, atau menjual barang dengan masa simpan terbatas, B2C mungkin jawabannya. Bisnis ini mengandalkan rasio perputaran persediaan yang lebih tinggi. Item individu memiliki keuntungan yang lebih tinggi, tetapi dibutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk menjual produk sebanyak mungkin. B2C mungkin memerlukan pengeluaran uang untuk staf tambahan untuk memenuhi tujuan penjualan dan peningkatan fokus pada penerapan teknik manajemen inventaris yang efektif.

Setelah mengetahui perbedaan B2B dan B2C, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!