Tujuan Investasi Jangka Panjang dan Jenis Instrumen yang Bisa Anda Pilih

YOGYAKARTA - Investasi jangka panjang menjadi investasi yang banyak dipilih. Investasi ini menghasilkan keuntungan bersifat jangka panjang atau lebih dari lima tahun. Ada beragam tujuan investasi jangka panjang yang dilakukan seseorang.

Investasi jangka panjang tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa atau orang yang sudah berkeluarga. Kini sudah banyak anak muda yang melakukan investasi jangka panjang karena mereka sudah mulai melek literasi keuangan. 

Jenis investasi ini sangat cocok bagi anda yang ingin mempersiapkan dana masa depan. Investasi jangka panjang baru bisa dicairkan ketika telah jatuh tempo. Sistem investasi ini ibarat anda menanam sebuah aset atau modal dari perusahaan atau individu untuk memperoleh penghasilan.

Masa pencairan investasi ini terhitung cukup lama, namun keuntungan yang didapat lebih tinggi. Tujuan investasi jangka panjang digunakan untuk kepentingan keuangan pribadi maupun keluarga. 

Apa saja Jenis Investasi Jangka Panjang

Ada beberapa tips jenis investasi jangka panjang yang bisa menjadi pilihan anda. Setiap jenis investasi menawarkan konsep dan memiliki risiko yang berbeda. 

Saham

Jenis investasi jangka panjang pertama yang bisa anda pilih adalah saham. Sistem investasi ini adalah kepemilikan penyertaan modal terhadap suatu perusahaan terbuka. Status kepemilikan saham seorang investor dalam suatu perusahaan tergantung pada besaran investasi dan slot yang dibuka oleh perusahaan. 

Semakin tinggi jumlah investasi sahamnya, maka keuntungan yang diperoleh juga semakin banyak. Namun seiring dengan itu, risikonya juga semakin besar, sebagaimana istilah “high risk, high return”. Investor akan dilibatkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RPUS). Investor. 

Obligasi

Jenis investasi jangka panjang selanjutnya adalah obligasi. Umumnya obligasi dikeluarkan oleh perusahaan atau pemerintah. Investasi ini bentuknya surat utang yang dapat diperjualbelikan dari pihak penerbit efek kepada pihak pembeli. Penerbit efek akan membayar bunga berupa kupon pada periode tertentu serta pembayaran pokok pinjaman saat jatuh tempo. Jatuh tempo obligasi jangka panjang yakni 5-10 tahun. 

Reksadana

Reksadana juga bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang. Reksadana merupakan instrumen investasi yang mewadahi modal bagi sekumpulan investor untuk melakukan penanaman modal. 

Jenis investasi ini cocok bagi pemula yang baru terjun di dunia investasi. Dalam investasi reksadana, terdapat manajer investasi yang mengelola aset produk pasar modal, seperti saham, surat berharga, obligasi, dan produk lainnya. 

Properti

Jenis investasi jangka panjang lainnya adalah properti. Properti bisa menjadi passive income dari uang penyewaan properti, misalnya kost, kios, dan sebaganinya. Namun untuk melakukan investasi ini, anda perlu menyiapkan modal cukup besar. Keuntungan lainnya, harga aset mengalami peningkatan mencapai 20 persen setiap tahunnya. 

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Ada beberapa tujuan orang melakukan investasi jangka panjang. Tujuan tiap orang pun berbeda-beda tergantung kebutuhannya. 

Memperoleh Keuntungan Jangka Panjang

Salah satu tujuan orang melakukan investasi jangka panjang adalah untuk memperole kentungan jangka panjang. Dengan menyisihkan dana untuk investasi ini, anda bisa mendapat keuntungan di masa yang akan datang.

Mencapai Kemerdekaan Finansial

Kebebasa finansial atau kemerdekaan keuangan menjadi impian bagi setiap orang. Keuntungan dari investasi jangka panjang bisa membawa anda mencapai kebebasan finansial.

Mempersiapkan Dana Khusus

Banyak orang memilih investasi jangka panjang karena ingin menyiapkan uang untuk persiapan khusus. Dana khusus yang ingin dicapai, seperti biaya sekolah anak, biaya pernikahan, atau membeli mobil baru. 

Memiliki Passive Income

Investasi jangka panjang bisa menjadi passive income anda. Kamu bisa mendapat penghasilan dalam periode tertentu dan dari dividen, bunga, uang sewa, dan royalti. 

Itulah beberapa tujuan investasi jangka panjang untuk keuangan pribadi maupun keluarga. Pilihlah jenis investasi jangka panjang yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.