Komisi Perdagangan AS Gugat Roomster karena Buat Ulasan Palsu di App Store dan Play Store
Roomster gunakan ulasan palsu di toko aplikasi. (foto: twitter @roomster)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Perdagangan Federal (FTC), bersama dengan enam negara bagian, mengajukan gugatan terhadap John Shriber dan Roman Zaks, pemilik platform penyewa kamar dan pencari teman sekamar Roomster.

Mereka diduga menipu konsumen, serta membayar orang untuk membuat ulasan dan daftar palsu di situs mereka. Badan tersebut mengatakan bahwa "taktik menipu" ini melanggar Undang-Undang FTC dan undang-undang negara bagian.

Dalam pengaduan yang diajukan oleh FTC dan jaksa agung New York, California, Colorado, Florida, Illinois, dan Massachusetts, kelompok tersebut menuduh bahwa Roomster merilis “puluhan ribu ulasan positif palsu untuk mendukung klaim palsu mereka bahwa properti yang terdaftar di Platform Roomster itu nyata, tersedia, dan terverifikasi.”

Mereka juga menuduh bahwa Roomster akan memposting daftar palsu di Craigslist untuk mengarahkan lalu lintas ke platformnya, dan membebankan biaya kepada siapa pun yang meminta biaya untuk informasi tentang daftar yang tidak ada.

FTC menuduh bahwa kaki tangan mereka dalam skema ini adalah Jonathan Martinez, yang menjalankan situs bernama AppWinn. FTC menuduh Roomster meminta Martinez untuk membuat banyak ulasan bintang lima, yang diduga dia berikan, dengan menggunakan lebih dari 2.500 akun iTunes.

Di antara email dari Roomster ke Martinez yang disebutkan dalam pengaduan, FTC menunjukkan satu yang memintanya untuk "memastikan selalu jumlah ulasan acak, sehingga terlihat lebih alami," yang tampaknya dikirim setelah Roomster diberitahu tentang penyelidikan FTC .

Martinez menandatangani penyelesaian yang diusulkan dengan FTC yang mengatakan bahwa, selain kerja samanya dengan jaksa, dia akan membayar denda 100.000 dolar AS (Rp1,4 miliar) yang akan diberikan ke enam negara bagian.

Selain itu juga melarangnya menjual ulasan dan dukungan, memberi tahu Apple App Store dan Google Play Store bahwa Roomster membayarnya untuk memposting ulasan ini, dan mengidentifikasi "ulasan palsu dan perkiraan waktu mereka diposting."

“Meskipun Tergugat Roomster mengklaim bahwa platform Roomster mereka menyediakan daftar pengaturan tempat tinggal 'terverifikasi' dan 'asli', dalam banyak kasus tidak," tulis FTC dan AG seperti dikutip The Verge.

“Sebaliknya, Tergugat Roomster mengandalkan ulasan palsu yang ribuan di antaranya dibeli dari Terdakwa Martinez saja, dan daftar palsu untuk membuat konsumen membayar akses ke informasi sewa yang tidak diverifikasi dan,” tambah FTC.

Selain ulasan palsu, keluhan menyatakan bahwa Roomster akan memberi label "daftar terverifikasi" di situsnya. Dalam satu contoh, FTC menemukan dalam penyelidikannya bahwa "perusahaan segera menerima dan menerbitkan daftar palsu untuk apartemen fiksi di alamat yang sama dengan fasilitas komersial Kantor Pos AS."

FTC melihat Roomster sebagai bagian dari tindakan keras pada platform online yang menyesatkan konsumen di Internet. Pada bulan Januari, FTC mendenda pengecer pakaian online Fashion Nova