Intip Macam-macam Produk Investasi Reksadana dan Keuntungannya
Ilustrasi investasi (Tumisu-Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Investasi reksa dana saat ini semakin digemari di kalangan masyarakat. Banyak orang lebih memilih instrumen investasi ini karena memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan saham. Ada sejumlah produk investasi reksa dana yang bisa Anda dipilih.

Reksa dana adalah sebuah produk investasi yang berupa kumpulan dana yang dikelola untuk modal investasi. Dalam dari sekumpulan investor akan dikelola oleh Manajer Investasi untuk dikonversikan ke dalam berbagai jenis produk, seperti saham, obligasi, serta produk investasi lainnya. 

Reksadana juga menjadi produk yang cocok untuk pemula dan mudah dipahami. Selain risikonya yang kecil, banyak orang memilih berinvestasi di reksa dana karena lebih praktis dalam hal waktu dan tenaga. Modal investasi Anda akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional. 

Macam-Macam Produk Investasi Reksa Dana

Ketika akan memulai investasi, pastikan Anda sudah tahu jenis-jenis produk investasi reksadana. Ada beberapa jenis produk reksa dana yang bisa Anda pilih, sebagai berikut.

Reksa Dana Pasar Uang

Jenis reksa dana satu ini paling banyak dipilih oleh pemula karena resikonya paling rendah. Reksa dana pasar uang adalah jenis instrumen investasi pasar uang dalam jangka kurang satu tahun. Investasi yang ditawarkan biasanya berupa deposit berjangka, Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan instrumen lainnya. Namun seseuai dengan risikonya, reksa dana pasar uang memiliki keuntungan atau imbas hasil yang relatif kecil. 

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana jenis ini memiliki return yang lebih tinggi dibandingkan reksa dana pasar uang. Namun risiko investasi jenis ini juga lebih tinggi. Reksa dana jenis ini mengalokasikan investasi pada obligasi atau efek utang dengan persentase 80 persen. Jenis investasi ini sangat cocok untuk tujuan keuangan jangka panjang sekitar 1-3 tahun. 

Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran adalah sebuah kegiatan investasi yang mengalokasikan dana ke dalam bentuk kombinasi instrumen investasi. Misalnya saham dan obligasi pada portofolio investasi. Jenis investasi ini memiliki tingkat pengembalian modal yang tinggi. Namun risikonya pun juga tinggi. Reksa dana campuran cocok untuk tujuan keuangan jangka panjang 3-5 tahun. 

Reksa Dana Saham

Reksa Dana saham adalah jenis investasi yang memiliki risiko paling tinggi. Investasi ini mengalokasikan dana sebesar minimal 80 persen ke dalam bentuk saham. Sebanding dengan risikonya, investasi ini memiliki return atau keuntungan yang paling tinggi juga. 

Reksa Dana Syariah

Reksa dana jenis ini merupakan investasi versi syariah. Jenis investasi ini dilakukan mengikuti ketentuan dan prinsip syariah dalam ajaran Islam. Misalnya, investasi tidak boleh dialokasikan ke sektor industri yang mengandung riba, seperti perusahaan minuman keras. 

Keuntungan Investasi Reksa Dana

Banyak orang tertarik berinvestasi reksa dana karena memiliki banyak kelebihan. Berikut sejumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika memilih investasi reksa dana. 

Mudah Dipelajari dan Praktis

Reksa dana merupakan jenis investasi yang mudah dipahami oleh pemula. Proses dan kebutuhan dalam investasi reksa dana tidak serumit saat Anda berinvestasi saham. Anda tinggal mencari dan mempercayakan modal investasi Anda kepada manajemen investasi profesional. Selanjutnya Anda tinggal melihat laporan terkait perkembangan investasi Anda. 

Modal Lebih Terjangkau

Modal untuk investasi reksa dana juga sangat terjangkau. Anda tidak perlu membeli dalam satuan lot seperti pada investasi saham. Anda bisa membeli reksa dana sesuai dengan dengan angka atau nominal yang telah disiapkan. 

Risiko Lebih Rendah

Keuntungan lain dari investasi reksa dana adalah risikonya lebih rendah dibandingkan saham. Dengan risiko yang rendah maka investasi ini sangat cocok bagi pemula. 

Produk Bervariasi

Ada bermacam-macam produk investasi reksa dana yang bisa Anda pilih, mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, dan sebagainya. Anda bisa memilih produk reksa dana yang sesuai dengan keuangan Anda dan pertimbangan risiko. 

Dikelola secara Profesional

Manajemen investasi yang mengelola reksa dana adalah orang-orang profesional yang berkompeten di bidang investasi. Para menajeme investasi sudah memiliki pengalaman dan kemampuan analisa yang baik. Dengan demikian, Anda bisa berinvestasi secara lebih teman. 

Demikianlah ulasan mengenai produk investasi reksa dana. Ada beberapa jenis produk investasi reksa dana yang bisa Anda pilih sesuai kondisi keuangan. Reksa dana adalah jenis investasi yang paling cocok bagi pemula karena risikonya relatif lebih rendah. Saat ini sudah banyak platform digital yang menyediakan layanan investasi reksa dana. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.