Bagikan:

YOGYAKARTA - Tren investasi selalu mengalami perubahan setiap tahunnya karena sifatnya yang fluktuatif. Para investor perlu melakukan analisis pasar dan situasi ekonomi secara cermat untuk bisa menyusun strategi investasi. Dengan begitu investor bisa mengetahui instrumen investasi 2024 yang tepat untuk dipilih. 

Setiap instrumen investasi memiliki risiko dan kinerja pasar yang bisa bervariasi. Kinerja investasi di masa lalu atau pada tahun sebelumnya belum tentu mencerminkan kondisi masa depan. Kenaikan maupun penurunan nilai investasi dapat berbeda atau berubah di tahun berikutnya. 

Maka dari itu para investor harus memperhitungkan secara matang dalam mengambil keputusan investasi. Sebagai pertimbangan strategi investasi, lantas apa saja instrumen investasi 2024 yang cocok bagi Anda?

Rekomendasi Instrumen Investasi 2024

Pemilihan instrumen investasi perlu diperhitungkan secara matang agar bisa mendapatkan imbal hasil maksimal dan terhindar dari kerugian. Investor perlu menganalisa kondisi pasar yang bisa berubah sewaktu-waktu atau setiap tahunnya, sehingga bisa mengetahui instrumen investasi yang potensial. 

Berikut ini rekomendasi beberapa instrumen investasi 2024 yang bisa Anda pilih untuk strategi investasi Anda:

Saham

Saham masih menjadi instrumen investasi yang seksi untuk dilirik di tahun 2024. Sejak beberapa tahun belakangan, investasi saham memang banyak diminati karena menawarkan imbal hasil tinggi (high return) meski risikonya juga cenderung lebih besar dibandingkan jenis investasi lainnya. 

Meskipun investasi saham bisa mengalami fluktuasi pasar yang signifikan, namun instrumen ini memiliki potensi dapat memberikan keuntungan jangka panjang yang substansial. Investor perlu memperhatikan, pemilihan saham harus berdasarkan analisis fundamental perusahaan dan prospek pertumbuhan nilainya. 

Reksadana Saham

Reksadana saham merupakan jenis investasi yang cocok bagi investor pemula karena bersifat lebih minim risiko (low risk), namun tetap menawarkan keuntungan yang kompetitif. Instrumen investasi ini juga banyak diminati oleh para investor kawakan atau berpengalaman untuk tujuan investasi jangka panjang. 

Salah satu produk reksadana saham yang bisa dipilih oleh investor adalah reksadana saham. Reksadana saham menjadi salah satu instrumen investasi yang potensial di tahun 2024. Reksadana saham  bisa memberikan akses ke sejumlah saham dengan strategi diversifikasi lebih baik dibandingkan berinvestasi langsung ke beberapa saham. 

Reksadana Pendapatan Tetap

Selain reksadana saham, reksadana pendapatan tetap atau obligasi juga diperkirakan memiliki tren baik di tahun 2024. Reksadana pendapatan tetap merupakan instrumen yang lebih stabil untuk berinvestasi. 

Reksadana pendapatan tetap cocok dipilih bagi investor pemula yang baru masuk di dunia investasi atau investor dengan modal tidak terlalu banyak. Instrumen investasi ini memiliki risiko lebih rendah dibandingkan dengan reksadana saham. 

Obligasi Korporasi atau Pemerintah

Rekomendasi instrumen investasi potensial 2024 selanjutnya adalah obligasi korporasi atau pemerintah. Instrumen investasi ini dapat memberikan pendapatan tetap dalam bentuk pembayaran bunga. 

Obligasi pemerintah merupakan jenis investasi yang cenderung lebih aman dibandingkan investasi lainnya. Sementara obligasi korporasi bisa memberikan tingkat return atau imbal hasil yang lebih tinggi, namun risikonya juga lebih besar. 

Logam Mulia

Instrumen investasi lainnya yang cocok dipilih di tahun 2024 adalah logam mulia. Emas dan perak kerap dinilai sebagai instrumen lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi. Logam mulai bisa dipakai untuk diversifikasi portofolio dan perlindungan aset terhadap inflasi. 

Asep Kripto

Asep kripto juga menjadi jenis investasi yang menarik diambil di tahun 2024. Mulai beberapa waktu belakangan, kriptokersi seperti Ethereum dan Bitcoin mengundang perhatian banyak orang untuk dijadikan investasi. Namun perlu diperhatikan bahwa kriptoaset bersifat sangat volatil dan memerlukan pemahaman yang sangat mendalam. 

Demikianlah rekomendasi beberapa instrumen investasi 2024 yang menarik dipilih dalam strategi investasi Anda. Anda bisa memilih beberapa instrumen di atas dengan mempertimbangkan analisa dan kebutuhan investasi. Baca juga tips mengelola risiko dalam investasi

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.