Google Bagikan Rangkaian Fitur Anyar di Android 13, Bisa Kustomisasi Bahasa di Setiap Aplikasi

JAKARTA - Setelah meluncurkan Android 13 untuk publik pada bulan April lalu, kini Google membagikan lebih banyak fitur anyar yang bisa Anda dapatkan dalam Android 13.

Bagi Anda yang sudah mencoba versi Android 13 ini, pasti sudah mengetahui apa saja fitur yang disediakan. Tapi bagi Anda yang masih dilema untuk mengganti ke Android 13, beberapa fitur ini mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda. 

Material You

Dibangun di atas Material You, maka Anda dapat menyesuaikan aplikasi non-Google agar sesuai dengan tema dan warna wallpaper ponsel Anda.

Lebih Banyak Bahasa

Anda dapat menetapkan bahasa tertentu untuk masing-masing aplikasi sehingga Anda dapat menjaga sistem ponsel Anda dalam satu bahasa, dan setiap aplikasi Anda bisa menerapkan bahasa yang berbeda.

Pemutar Media Baru

Fitur pemutar media yang terbaru akan menyesuaikan tampilan dan nuansanya berdasarkan musik atau podcast yang sedang Anda dengarkan. 

Mode Waktu Tidur

Di Android 13, perusahaan menyediakan opsi yang memungkinkan Anda untuk lebih menyesuaikan mode Waktu Tidur dengan peredupan wallpaper dan tema gelap.

Fitur Keamanan Yang Ditingkatkan

Dibandingkan membagikan seluruh perpustakaan galeri Anda untuk akses aplikasi  di Android 13, Anda hanya dapat memilih foto dan video tertentu yang perlu mereka akses. 

Selanjutnya, Android akan menghapus secara otomatis riwayat clipboard Anda dalam jangka waktu tertentu setelah Anda menyalin data sensitif seperti alamat email, nomor telepon, atau kredensial login di perangkat Anda.

Android 13 juga akan membantu mengontrol notifikasi dan memastikan Anda hanya mendapatkan notifikasi yang diminta. Aplikasi yang Anda unduh sekarang memerlukan izin eksplisit Anda untuk mengirim pemberitahuan.