Anies Sudah Diklarifikasi Polisi Soal Acara Rizieq, Tapi Polda Jabar Belum Selidiki Kerumunan di Megamendung

JAKARTA - Polri sudah memulai rangkaian penyelidikan dugaan pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan pada acara Rizieq Shihab.

Salah satunya soal pernikahan Syarifah Najwa Shihab yang merupakan putri dari Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Perkara ini sudah ditangani Polda Metro Jaya.

Dalam penanganan perkara itu, tim penyelidik dari Subdit Keamanan Negara (Kamneg) memeriksa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan beberapa orang dari unsur Pemprov DKI lainnya.

"Sekarang ini sementara dilakukan pemeriksaan klarifikasi. gubernur, wali kota Jakarta Pusat, kabiro hukum (Pemprov DKI), Kepala KUA Tanah Abang, Camat Tanah Abang, RT, RW, Kasatpol PP, dan Babinkamtbimas," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa, 17 November.

Tapi jika merujuk dari kegiatan Rizieq yang menyebakan kerumunan juga terjadi di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Saat itu, Rizieq mengikuti acara peletakan batu pertama dalam pembangunan pesantren. Kedatangannya itu menarik perhatian masyarakat namun banyak yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan tak menggunakan masker.

Tapi persoalan yang disebut menjadi faktor dicopotnya Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi belum ditindaklanjuti.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Erdi Adrimulan Chaniago menyebut belum ada rencana pemeriksaan terhadap Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Barat perihal tersebut. 

"Belum ada konfirmasi. Nanti kalau ada dikabari," kata dia.