Fitur Belanja di Pinterest Jadi Cara Baru bagi Seller untuk Jangkau Lebih Banyak Konsumen

JAKARTA - Pinterest meluncurkan fitur pedagang inovatif baru yang memungkinkan para pengecer mengejar kesuksesan di platformnya. Adapun fitur tersebut adalah API Pinterest untuk Belanja, Product Tagging on Pins, Video di Katalog, dan Tab Toko di Profil Bisnis.

Perusahaan mengungkapkan, fitur ini dibuat karena terdapat lebih dari 400 juta Pinner (Pengguna Pinterest) datang ke platform setiap bulan untuk menemukan produk baru dan berbelanja merek yang menginspirasi mereka. 

“Di Pinterest, tujuan kami adalah mengubah inspirasi menjadi tindakan, dan visi kami untuk berbelanja adalah memungkinkan untuk membeli apapun yang terinspirasi oleh Pinner di platform,” kata Jeremy King, SVP Teknik di Pinterest, berdasarkan pengumuman resminya.

Dengan API Pinterest untuk Belanja yang baru, akan memungkinkan peningkatan kualitas data yang lebih efisien untuk produk pedagang. Menurut perusahaan, API Pinterest untuk Belanja sudah terbukti menghasilkan tingkat akurasi 97% untuk data harga dan ketersediaan.

“Fitur belanja baru seperti API untuk Belanja memungkinkan merek dan pengecer menjangkau Pinner dengan niat tinggi selama tahap awal perjalanan belanja mereka dengan data katalog terbaru,” lanjut King.

Fitur belanja “Product Tagging on Pins” adalah fitur belanja Pinterest yang memungkinkan pedagang menjadikan Pin gaya hidup mereka dapat dibeli dan membantu pengguna lainnya mudah menemukan inspirasi. 

Dengan pin produk yang ditambahkan ke katalog pedagang, Pinner dapat dengan mudah berbelanja item yang mereka sukai. Dari pengujian awal, adanya Pin produk menunjukkan 70% niat belanja pengguna lebih tinggi.

Selanjutnya ada Video dalam Katalog, fitur ini akan memberikan Anda tampilan produk dari berbagai sudut saat membuat keputusan pembelian. Peluncuran fitur ini datang saat Pinterest mengatakan bahwa mereka melihat hasil yang menjanjikan dari format iklan seperti video.

Terakhir, Pinterest meluncurkan Tab Toko baru di profil bisnis, yang dapat  membantu pedagang membuat etalase dan memamerkan produk mereka kepada pembeli.Perusahaan mencatat bahwa fitur baru tidak hanya memungkinkan manajemen grup produk yang lebih mudah langsung di tab Toko pedagang, tetapi juga menghadirkan deskripsi produk yang dapat disesuaikan dan antarmuka seluler yang disempurnakan.

Pinterest mengatakan fitur belanja baru untuk pedagang ini adalah pengumuman terbaru dalam kelanjutan investasi Pinterest di Shopping, setelah Pinterest mengakuisisi platform AI Shopping, THE YES.