Rayu Bank untuk Pinjam Uang, Elon Musk Ajukan Proposal Penghematan dan PHK Karyawan Twitter
Elon Musk meminta kepada bank-bank kreditornya, untuk membantunya mendanai akuisisi Twitter Inc. (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk meminta kepada bank-bank kreditornya, untuk membantunya mendanai akuisisi Twitter Inc senilai 44 miliar dolar AS (Rp636,6 triliun). Ia juga meyakinkan bawah dirinya dapat mengurangi gaji eksekutif dan dewan twitter di perusahaan media sosial dalam upaya untuk memangkas biaya. Ia juga berjanji akan mengembangkan cara-cara baru untuk memonetisasi tweets.

Musk mengajukan penawaran kepada pemberi pinjaman saat dia mencoba mengamankan utang untuk pembelian media sosial itu beberapa hari setelah mengajukan penawarannya ke Twitter pada 14 April. Pengajuan komitmen banknya pada 21 April adalah kunci agar dewan Twitter menerima tawaran "terbaik dan terakhir" -nya.

Musk harus meyakinkan bank bahwa Twitter menghasilkan arus kas yang cukup untuk membayar utang yang dia cari. Pada akhirnya, dia mendapatkan pinjaman senilai 13 miliar dolar AS (Rp 189 triliun)  yang dijamin dari Twitter dan pinjaman margin 12,5 miliar dolar AS (Rp181 triliun)  yang terkait dengan saham Tesla Inc. Dia juga setuju untuk membayar sisa pembayaran dengan uangnya sendiri.

“Tawaran Musk ke bank merupakan visinya daripada komitmen tegas,” kata sebuah sumber yang memahami masalah itu kepada Reuters. Namun rencana program pemotongan biaya pasti yang akan dia kejar begitu dia memiliki Twitter hingga kini menurut sumber masih belum jelas. “Rencana yang dia uraikan ke bank sangat tipis secara detail,” tambah sumber itu.

Musk telah men-tweet tentang penghapusan gaji dewan direksi Twitter, yang katanya dapat menghasilkan penghematan biaya sekitar 3 juta dolar AS (Rp 43,5 miliar). Kompensasi berbasis saham Twitter untuk 12 bulan yang akan berakhir 31 Desember 2021 adalah 630 juta dolar AS. Jumlah ini meningkat 33% dari tahun 2020.

Dalam pidatonya ke bank, Musk juga menunjuk ke margin kotor Twitter, yang jauh lebih rendah daripada rekan-rekan seperti Facebook Meta Platforms Inc dan Pinterest, dengan alasan ini menyisakan banyak ruang untuk menjalankan perusahaan dengan cara yang lebih hemat biaya.

Bloomberg News melaporkan sebelumnya pada Kamis 28 April, bahwa Musk secara khusus menyebutkan pemutusan hubungan kerja sebagai bagian dari promosinya ke bank. Salah satu sumber mengatakan bahwa Musk tidak akan membuat keputusan tentang pemutusan hubungan kerja sampai dia mengambil alih kepemilikan perusahaan akhir tahun ini. Dia melanjutkan akuisisi ini tanpa memiliki akses ke detail rahasia tentang kinerja keuangan dan jumlah karyawan perusahaan.

Musk mengatakan kepada bank bahwa dia juga berencana untuk mengembangkan fitur untuk meningkatkan pendapatan bisnis. “Ini termasuk cara baru untuk menghasilkan uang dari tweet yang berisi informasi penting atau menjadi viral,” kata sumber tersebut.

Gagasan yang dia kemukakan termasuk membebankan biaya ketika situs web pihak ketiga ingin mengutip atau menyematkan tweet dari individu atau organisasi yang diverifikasi.

Dalam sebuah tweet awal bulan ini yang kemudian dia hapus, Musk menyarankan serangkaian perubahan pada layanan berlangganan premium di raksasa media sosial Twitter Blue, termasuk memangkas harganya, melarang iklan, dan memberikan opsi untuk membayar dalam mata uang kripto dogecoin. Layanan Blue premium Twitter sekarang berharga 2,99 dolar AS per bulan.

Dalam tweet lain yang kemudian dia hapus, Musk mengatakan dia ingin mengurangi ketergantungan Twitter pada iklan untuk sebagian besar pendapatannya.

Musk, telah mengindikasikan dia juga akan mendukung bank-bank dalam memasarkan utang sindikasi kepada investor, dan bahwa dia mungkin mengungkap lebih banyak rincian rencana bisnisnya untuk Twitter saat itu.

Bahkan menurut sumber ini Musk juga telah menunjuk kepala eksekutif baru untuk Twitter. Namun sumber ini menolak untuk mengungkapkan identitas orang itu. Dia mengatakan kepada Ketua Twitter, Bret Taylor, awal bulan ini bahwa dia tidak memiliki kepercayaan pada manajemen perusahaan yang berbasis di San Francisco itu.

Namun Parag Agrawal, yang ditunjuk sebagai kepala eksekutif Twitter pada November, diperkirakan akan tetap menjabat sampai penjualan perusahaan ke Musk selesai.

Musk telah dibanjiri tawaran dari mitra ekuitas potensial untuk bergabung dengannya dalam kesepakatan Twitter, dan dia akan memutuskan dalam beberapa minggu mendatang apakah dia bekerja sama dengan mitra tersebut.  Namun rasanya mustahil bagi Musk untuk bermitra dengan perusahaan ekuitas swasta mengingat kesepakatan itu tidak terstruktur sebagai pembelian dengan leverage tradisional.

Musk mengungkapkan minggu ini bahwa dia menjual saham Tesla senilai 8,5 miliar dolar AS, sebuah langkah yang kemungkinan ditujukan untuk membantu membiayai kesepakatannya untuk Twitter.

Kepala eksekutif Tesla juga mengatakan kepada bank bahwa dia akan mencari mode kebijakan jatah di platform media sosial yang sebebas mungkin dalam batasan hukum masing-masing yurisdiksi Twitter beroperasi. Ini sebuah posisi yang dia ulangi secara publik.

“Pinjaman Twitter senilai 13 miliar dolar AS setara dengan tujuh kali proyeksi pendapatan Twitter 2022 sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi. Ini terlalu berisiko bagi beberapa bank yang memutuskan untuk hanya berpartisipasi dalam pinjaman margin,” kata sumber tersebut.

Alasan lain beberapa bank memilih keluar adalah karena mereka takut ketidakpastian Musk dapat mengakibatkan eksodus bakat dari Twitter, merugikan bisnisnya. Sementara juru bicara Twitter tidak mau menanggapi permintaan komentar atas laporan ini.