Miguel Oliveira Buka Pintu Keluar dari KTM, Tak Mau Terima Posisi di Tim Satelit

JAKARTA - KTM belakangan tengah dikaitkan dengan sejumlah pebalap untuk posisi di MotoGP 2023. Ada nama Jack Miller, Alex Rins dan Pol Espargaro.

Bahkan, bos KTM Pit Beirer secara terang-terangan mengaku sudah berbicara dengan tiga pebalap tersebut. Kebetulan, ketiganya memang dalam posisi "tersedia" karena kontrak mereka akan habis pada akhir musim nanti.

Kabar ini membuat masa depan Miguel Oliveira di KTM mulai dipertanyakan. Pebalap asal Portugal itu dikabarkan bakal kehilangan tempat di pabrikan asal Austria itu.

Performa Miguel Oliveira belakangan juga jadi sorotan. Musim ini, sang pebalap baru satu kali naik podium, yakni saat menjadi juara di MotoGP Mandalika.

Dari delapan balapan, hanya tiga kali dia finis di posisi 10 besar. Bahkan, dua balapan gagal finis. Pada MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, akhir pekan lalu, Oliveira finis di posisi kesembilan.

Sementara rekan setimnya, Brad Binder tampil lebih baik. Dalam delapan balapan yang sudah dijalani, Binder hanya dua kali gagal menembus posisi 10 besar.

Teranyar, dia menempati posisi keempat pada balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello.

Rumornya, KTM akan tetap mempertahankan Brad Binder untuk musim depan. Sementara Miguel Oliveira akan diberi kesempatan, tapi di tim satelit KTM, Tech3.

Sayangnya, Oliveira dengan tegas menolak wacana itu. Dia memutuskan lebih baik pergi ketimbang harus turun ke tim Tech3.

"Saya mengatakan kepada manajemen tak menerima tempat di Tech3 dan ingin kursi pabrikan. Ini tidak mungkin, saya akan mempertimbangkan opsi lain," ujarnya, seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Saat ditanya kembali soal kemungkinan membalap untuk Tech3 musim depan, Miguel Oliveira menjawab, "Jelas tidak. Masih ada beberapa pekerjaan yang tersedia, jangan khawatir."