Hasil FP3 MotoGP Portugal: Juara Mandalika Miguel Oliveira Tercepat di Kandang
Pebalap KTM Miguel Oliveira. (Instagram @88migueloliveira)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap KTM Miguel Oliveira keluar sebagai tercepat di latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Portugal. Rider tuan rumah itu unggul atas Joan Mir yang mengekor di posisi kedua.

Oliveira sukses mencatat waktu satu menit 50,552 detik di Sirkuit Portimao pada Sabtu, 23 April sore WIB. Ia lebih cepat +0,049 detik dari Mir dan +0,054 detik dari Fabio Quartararo yang mengisi tempat ketiga.

Marquez dan Pol Espargaro dari Repsol Honda berada di urutan kelima dan keenam. Sementara itu, Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing di urutan ketujuh.

Johann Zarco dari Pramac Racing di urutan kedelapan tetapi gagal meningkat. Aleix Espargaro dari Aprilia adalah pebalap terakhir yang meningkat 20 menit tersisa, menyelinap masuk sepuluh besar dan mendepak rekan setimnya Maverick Vinales keluar dari posisi Q2.

Jack Miller dari tim Lenovo Ducati meraih tempat terakhir yang menjaminnya ke Q2 nanti. Namun, dengan mengorbankan rekan setimnya Francesco Bagnaia. Pembalap Italia itu akan bergabung di Q1 oleh rekan-rekan Ducati Jorge Martin dan Enea Bastianini yang memimpin klasemen saat ini.

Marquez sendiri sempat menemui naas di sesi kali ini setelah merajai FP1 dan finis kedua di FP2. Juara dunia MotoGP enam kali mengalami crash besar di Tikungan 8 setelah menguasai menit-menit awal FP3.

Beruntung bagi pebalap Spanyol itu tidak mengalami cedera usai kecelakaan dan terlihat masih sanggup mengendarai motornya menuju pit. Crash yang dialami Marquez ini lantas dimanfaatkan dengan baik oleh Oliveira.

Hasil FP3 MotoGP Portugal:

Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) - 1:50.552

Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0.049

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) + 0.054

Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 0.107

Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0.114

Pol Espargaro (Repsol Honda Team) + 0.155

Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) + 0.584

Johann Zarco (Pramac Racing) + 0.618

Aleix Espargaro (Aprilia Racing) + 0.696

Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0.701