Kejutan Piala FA, Middlesbrough Vs Tottenham Hotspur Berakhir di Luar Dugaan

JAKARTA – Tottenham Hotspur tersingkir dari babak kelima Piala FA. Mereka ditekuk tim divisi Championship, Middlesbrough, dengan skor tipis 0-1.

Laga Middlesbrough versus Tottenham digelar di Riverside Stadium pada Rabu, 2 Maret dini hari WIB. Spurs kalah akibat gol yang dicetak Josh Coburn di babak tambahan.

Kedua tim bermain dengan hati-hati di awal pertandingan. Peluang berbahaya pertama baru tercipta pada menit ke-25 saat tendangan Andraz Sporar bisa diblok pemain Spurs.

Spurs punya peluang emas pada menit ke-39. Matt Doherty lepas dari posisi offside dan melewati kiper Joe Lumley yang keluar dari sarangnya. Doherty kemudian melepaskan tembakan dari sisi lapangan, tetapi bola masih melenceng dari gawang.

Doherty kembali membuat peluang berikutnya untuk Spurs pada menit ke-42. Namun, usahanya masih belum akurat sehingga skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Sepuluh menit usai jeda, Middlesbrough balas memberikan ancaman ke gawang Tottenham yang dikawal Hugo Lloris. Matt Crooks menanduk bola di depan gawang, tapi usaha itu masih melenceng dari sasaran.

Empat menit setelah itu skuad Antonio Conte sebetulnya sempat mencetak gol lewat Harry Kane. Namun, gol pemain timnas Inggris itu dianulir karena sudah lebih dulu offside.

Tiga menit sebelum waktu normal tim tuan rumah mendapatkan kans emas untuk mengubah papan skor. Beruntung bagi Spurs tembakan Isaiah Jones ditepis Lloris.

Penyelamatan itu membuat tidak ada gol yang tercipta selama 90 menit penuh sehingga pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak ekstra 2x15 menit.

Di babak itu, Tottenham Hotspur langsung tancap gas berusaha memecah kebuntuan lewat tendangan Dejan Kulusevski dari luar kotak penalti. Sayang usaha tersebut melebar dari gawang tuan rumah.

Middlesbrough membalas pada menit ke-103. Marcus Tavernier melepaskan tembakan dari sudut sempit, tetapi laju bola masih lemah dan bisa diamankan oleh Lloris.

Kebuntuan akhirnya pecah semenit setelah babak kedua tambahan waktu dimulai. Josh Coburn lepas dari posisi offside saat menerima umpan Matt Crooks dan langsung melepaskan tembakan keras dari jarak dekat. Skor menjadi 1-0.

Spurs langsung mencoba mencari gol balasan melalui tembakan Son Heung-Min di menit ke-108, tapi upaya pemain Korea itu masih bisa ditepis Lumley. Alhasil keunggulan 1-0 bagi Middlesbrough pun bertahan sampai laga rampung.