Google Luncurkan Fitur dan Alat Baru Pendukung Berita Lokal

JAKARTA - Google baru saja meluncurkan alat dan fitur baru yang dirancang untuk membantu organisasi berita lokal dan para wartawannya.

Fitur pertama adalah carousel, yang menampilkan berita lokal berdasarkan kueri penelusuran. Fitur ini telah diluncurkan di seluruh dunia dan tersedia dalam semua bahasa.

Itu artinya, fitur carousel ini akan membantu pembaca dengan mudah menemukan berita di sekitar mereka yang relevan, dari penerbit berita lokal. Fitur ini juga membantu penerbit lokal dengan menambahkan cara lain untuk pelaporan penting mereka, guna menjangkau komunitas yang paling membutuhkannya.

Awalnya Google meluncurkan fitur untuk memberikan informasi lokal pencarian tentang pandemi COVID-19, tetapi kini perusahaan telah memperluasnya ke topik lain seperti olahraga, pemerintah daerah dan masih banyak lagi.

Selain itu, Google juga telah mengubah sistemnya sehingga sumber berita lokal yang relevan dan otoritatif muncul lebih sering di sebelah publikasi nasional pada Top Stories dan fitur berita umum lainnya.

"Peningkatan ini memastikan orang akan melihat berita lokal yang otoritatif ketika mereka mencari berita, membantu merek dan konten penerbit berita menjangkau lebih banyak orang," ungkap Google seperti dikutip dari laman resminya, Rabu, 17 November.

Jika pengguna mengaktifkan lokasi maka pengguna dapat menelusuri subtopik sempit yang terkait dengan berita lokal, seperti sepak bola antar sekolah.

"Misalnya, jika Anda berada di Detroit dan mencari sepak bola, kami sekarang akan menampilkan hasil untuk tim sekolah menengah dan perguruan tinggi setempat, daripada hanya menampilkan hasil untuk, katakanlah, tim profesional," ujar Google.

Lebih lanjut, alat baru yang diluncurkan Google juga meliputi Census Mapper. Alat ini dapat menunjukkan data Sensus di tingkat lokal, dan menampilkan bagaimana populasi telah bergeser dari waktu ke waktu.

Terakhir, Google pun turut meningkatkan Proyek Pengetahuan Umum, sebuah proyek jurnalisme visual yang memungkinkan wartawan menjelajahi data lokal secara online.