Google Hadirkan Dua Fitur Baru, Bisa Langsung Terjemahkan Berita Bahasa Asing ke Bahasa Lokal
Google luncurkan dua fitur baru untuk penelusuran (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan dua fitur baru yang akan membantu Anda memahami dunia dengan berbagai perspektif, mulai dari orang biasa hingga pelaporan resmi. 

Adapun dua fitur tersebut Discussion and Forums dan juga kemampuan Google Penelusuran untuk menerjemahkan berita ke bahasa lokal. 

Discussion and Forums

Mulai sekarang, fitur baru ini akan muncul saat Anda mencari sesuatu yang mungkin bermanfaat dari beragam pengalaman pribadi yang ditemukan dalam diskusi online.

Google menyebutkan bahwa Discussion and Forums akan menggabungkan hasil pencarian dari forum diskusi, termasuk Reddit, Quora, dan Edmunds.com sebagai tanggapan atas pencarian Anda. 

Fitur ini sudah diluncurkan untuk semua pengguna bahasa Inggris di AS. Google tidak menyebutkan pasti kapan fitur ini akan diperkenalkan secara luas, tapi yang pasti, raksasa teknologi itu mengatakan mungkin akan memperbaruinya di masa mendatang.

Penerjemah Berita Lokal

Google juga mengumumkan bahwa mereka akan segera memperkenalkan cara untuk menerjemahkan liputan berita langsung dari Search. 

Jadi, mulai tahun 2023 nanti, Google akan meluncurkan fitur ini untuk menerjemahkan hasil berita dalam bahasa Prancis, Jerman, dan Spanyol ke dalam bahasa Inggris di seluler dan desktop. 

"Fitur ini menghubungkan pembaca yang mencari berita internasional dengan liputan lokal yang relevan dalam bahasa lain, memberi mereka akses ke liputan lapangan yang lebih lengkap dan menyediakan perspektif global baru," tulis Google dalam blognya. 

Menurut Google, kedua fitur baru ini akan menghadirkan lebih banyak perspektif untuk pencarian Anda, membantu Anda membuat pilihan yang tepat dan mempelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di seluruh dunia.