Bitcoin Tergelincir 12 Persen, Tapi Tahan karena Akhir Tahun Ini Berpotensi Tembus 100 K Dolar
Bitcoin akhir tahun ini diperkirakan bisa tembus 100 K Dolar. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Bitcoin, cryptocurrency terbesar dan paling terkenal di dunia, tergelincir nilainya di bawah 60.000 dolar AS pada Selasa, 16 November dan mengalami kerugian dari rekor tertinggi 69.000 dolar AS yang dicapai pada 10 November,  menjadi lebih dari 12%.

Bitcoin sempat turun 5% pada 60.391.3 dolar AS pada 12.53 GMT, setelah sebelumnya jatuh sebanyak 58.563 dolar AS, nilai terendah sejak 28 Oktober. Sementara Ether, cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, turun 6,8% pada 4.253,08 dolar AS per coin.

Analis Cryptocurrency tidak dapat mengidentifikasi berita tertentu yang mendorong penurunan, yang menurut mereka tampaknya didorong oleh aksi ambil untung setelah kenaikan tajam baru-baru ini.

Bitcoin memiliki nilai lebih dari dua kali lipat sejak Juni lalu karena, didorong oleh adopsi arus utama cryptocurrency dan peluncuran dana perdagangan pertukaran bitcoin berbasis berjangka di Amerika Serikat.

Dan pada Minggu 14 November, ia mengalami peningkatan besar, yang disebut Taproot, yang memungkinkan blockchain untuk melakukan transaksi yang lebih kompleks, dan berpotensi memperluas kasus penggunaan mata uang virtual serta membuatnya sedikit lebih kompetitif dengan ethereum untuk memproses kontrak pintar.

"Penurunan di bawah 60.000, menempatkan (Bitcoin) di bawah level dukungan 62.000, sedikit ke zona bearish 'jangka pendek'," kata Sylvia Jablonski, kepala investasi di Defiance ETFs di New York.

"Tingkat support utama berikutnya adalah 58.000, tapi saya pikir itu akan dibeli di sini, dan harga yang didorong permintaan akan mulai bermain ke atas," tambahnya.

Sebagian besar investor mengharapkan bitcoin tetap berada di antara 50.000 hingga 75.000 dolar AS dalam 12 bulan ke depan, menurut survei pengelola dana bulanan BofA Securities. Sementara 59% percaya bawah bitcoin terus berada dalam “gelembung” (bubble).

Jehan Chu, Managing Partner di perusahaan modal ventura blockchain Hong Kong, Kenetic, mengatakan bitcoin berpotensi menembus "level 100k dolar sebelum akhir tahun".

Uang mengalir ke produk dan dana bitcoin telah mencapai rekor 9 miliar dolar AS sepanjang tahun ini, dan mencapai 151 juta dolar AS pekan lalu dalam 13 minggu berturut-turut arus masuk mereka, data dari manajer aset digital CoinShares menunjukkan pada hari Senin.

Meskipun arus telah positif baru-baru ini, volume telah berkurang di paruh kedua, rata-rata 750 juta dolar setiap hari versus 960 juta dolar AS di babak pertama, kata laporan CoinShares.