GM Investasikan Jutaan Dolar untuk Dapatkan Radar Kendaraan dari Oculii
General Motors, ingin kembangkan radar mobil yang lebih canggih bersama Oculii. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Cabang modal ventura General Motors Co  telah menginvestasikan jutaan dolar di Oculii, pembuat perangkat lunak untuk sensor radar AS yang digunakan dalam mobil self-driving. Pernyataan ini muncul dari co-founder Oculii, Steven Hong.

“GM kini dapat menggunakan perangkat lunak murah Oculii untuk meningkatkan resolusi radar dan meningkatkan kendaraan sebagian otomatis dan mobil self-driving penuh,” kata Hong kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

“Investasi ini merupakan sinyal fantastis bahwa mereka serius tentang teknologi dan optimistis tentang radar secara umum," kata lulusan Universitas Stanford yang mendirikan Oculii bersama ayahnya, Lang Hong, seorang profesor teknik di Wright State University. Namun Hong menolak untuk mengungkapkan rincian keuangan, dari kesepakatan itu.

Tesla Inc menghilangkan sensor radar dari model volumenya tahun ini, dan memunculkan kembali pertanyaan tentang keamanan dan kinerja sistem asisten pengemudi canggihnya.

Radar, yang mengukur jarak antar objek, memungkinkan mobil berakselerasi atau mengerem untuk menyesuaikan kecepatannya dengan kecepatan kendaraan di depan. Radar juga bekerja dengan baik dalam kondisi pencahayaan dan cuaca buruk.

Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk menyebut sensor tambahan seperti lidar dan radar sebagai "kruk", menggandakan kamera yang lebih murah dan kecerdasan buatan untuk sistem otomasi mengemudinya.

Hong mengatakan dia setuju dengan komentar direktur kecerdasan buatan Tesla, Andrej Karpathy, tentang kekurangan radar tradisional. Karpathy mengatakan pada bulan Juni bahwa radar terkadang membuat pengukuran lingkungan yang "bodoh", menahan sistem penglihatannya.

"Radar tradisional memiliki resolusi sangat rendah dan sangat bising," kata Hong. “Tapi radar resolusi tinggi adalah kunci cadangan untuk kamera dan sensor lainnya ketika gagal, sehingga memberikan keamanan ekstra."

Dia berharap Tesla juga mau menggunakan radar jenis ini karena harganya terus turun.