Cara Menggunakan Kamera DSLR Sebagai Webcam, Alternatif Saat Lensa Laptop Kurang Mendukung
Cara menggunakan kamera DSLR sebagai webcam (YouTube)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Selama aktivitas daring, kamera menjadi salah satu bagian penting. Terutama jika Anda kerap diminta untuk berpartisipasi dalam sebuah video konferensi. Atau, mungkin Anda kerap mengikuti webinar guna meningkatkan skill dan kemampuan.

Apa pun alasan maupun kebutuhan, kebutuhan akan kamera yang mumpuni kini semakin tinggi. Sayangnya, tak semua perangkat dibekali kamera berkemampuan tinggi. Apalagi jika aktivitas online dilakukan lewat PC atau desktop. Makin sedikit pilihannya!

Kali ini, tim VOI sudah menyiapkan salah satu solusi untuk kendala tersebut. Yakni dengan menggunakan kamera DSLR sebagai webcam. Ya, Anda juga bisa melakukannya sendiri!

Lantas, alat tambahan apa saja yang dibutuhkan serta bagaimana langkah-langkahnya? Lebih lengkap, simak uraian cara menggunakan kamera DSLR sebagai webcam berikut ini.

Alat Tambahan untuk Menggunakan DSLR Sebagai Webcam

Sebelum melakukan tutorial ini, ada dua hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, tidak semua jenis kamera DSLR bisa diubah sebagai webcam. Agar kamera DSLR bisa dijadikan webcam, harus memiliki port USB serta software webcam yang sudah ditanamkan produsen.

Selain itu, kamera juga harus memiliki port HDMI yang berfungsi sebagai output dan mengirimkan video jernih ke layar. Jjika kamera milik Anda masuk dalam kategori ini, artinya bisa digunakan sebagai webcam.

Agar aktivitas video konferensi dengan menggunakan kamera DSLR sebagai webcam berjalan lancar, Anda perlu menyiapkan beberapa alat tambahan. Antara lain:

  1. Tripod
  2. Colokan listrik untuk mengisi ulang daya
  3. Kabel HDMI untuk mengirimkan video ke layar komputer atau laptop
  4. Perangkat lunak seperti OBS

Langkah-Langkah Menggunakan Kamera DSLR Jadi Webcam

Untuk uraian langkah-langkah yang detail, Anda bisa mengikuti penjelasan di bawah ini. Ingat, ikuti langkah demi langkah dengan teliti. Dan jika Anda menemukan eror atau kegagalan, jangan segan dan malas untuk mengulanginya dari awal.

Tanpa panjang lebar, berikut ini uraian cara menggunakan kamera DSLR sebagai webcam:

  1. Unduh dan pasang software webcam pada kamera Anda
  2. Hubungkan kamera ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB
  3. Aktifkan Mode Video pada kamera, kemudian hidupkan
  4. Buka aplikasi video konferensi milik Anda, lalu masuk ke Pengaturan input video
  5. Pilih kamera yang muncul pada daftar input
  6. Kini, kamera Anda pun akan berfungsi sebagai webcam

Mudah dan tak begitu panjang bukan caranya? Yang jelas, menggunakan kamera DSLR sebagai webcam tentunya akan membuat tampilan wajah Anda jadi lebih detail.