Bagikan:

JAKARTA – Kamera yang ada di komputer memang tidak selalu bagus sehingga Anda membutuhkan kamera tambahan seperti webcam. Jika Anda tidak mau mengeluarkan uang, Anda bisa menggunakan ponsel.

Penggunaan ponsel sebagai webcam hanya bisa dilakukan jika sistem operasi (OS) pada laptop atau komputer Anda adalah Windows 11. Berikutnya cara menjadikan ponsel Android sebagai webcam, dikutip dari Makeuseof.

Pertama, periksa terlebih dahulu apakah ponsel Anda menggunakan OS Android 9 ke atas. Informasi OS Android biasanya ada di dalam Pengaturan. Jika sudah sesuai, Anda bisa mengunduh aplikasi Phone Link di laptop Anda.

Berikutnya, sambungkan ponsel Android Anda ke aplikasi Phone Link. Setelah tersambung, tekan tombol Windows dan huruf "I" secara bersamaan untuk membuka Pengaturan, lalu buka menu Bluetooth dan Perangkat.

Selanjutnya, klik bagian Perangkat Seluler dan cari tombol Kelola Perangkat. Setelah halaman Perangkat Saya muncul, cari opsi Gunakan Sebagai Kamera yang Terhubung, lalu ubah toggle button-nya hingga menjadi berwarna biru.

Jika seluruh tahapan sudah dilakukan, ponsel Android Anda sudah bisa digunakan sebagai webcam. Anda bisa mengatur tampilan ponsel melalui laptop Anda, termasuk mengontrol penggunaan kamera depan dan kamera belakang.

Perlu diingat bahwa ponsel Anda tidak bisa digunakan selama ponsel Android sedang disambungkan sebagai webcam. Jika ponsel terkunci atau Anda menjawab panggilan telepon, tampilan kamera di laptop akan otomatis terjeda.