Apple Peringatkan Pengguna Macbook Pro Agar Tidak Sembarangan Menutup Webcam
Ilustrasi Macbook (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple memperingatkan penggunanya untuk tidak menutup sembarangan lensa webcam pada Macbook Pro. Lantaran, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada layar, seperti keretakan. 

Melansir MacRumors, Selasa 14 Juli, dijelaskan Apple telah memberi ruang tipis di antara panel layar dengan keyboard untuk membuat ilusi Macbook tertutup rapat. Itu artinya pengguna tidak boleh sembarangan menambahkan lapisan pelindung untuk menutupi webcam, karena bisa jadi akan merusak celah tipis di antara panel layar. 

Apple juga mengingatkan mengatakan seandainya terjadi kerusakan pada panel layar Macbook. Maka harga perbaikannya akan sangat mahal meskipun dilakukan tidak disengaja.

"Sebagai alternatif untuk penutup kamera, gunakan lampu indikator kamera untuk menentukan apakah kamera Anda aktif, dan putuskan aplikasi mana yang dapat menggunakan kamera Anda di System Preferences," ungkap Apple dalam keterangan tertulisnya.

Kerusakan panel layar Macbook karena sembarangan menutup webcam (dok. Reddit)

Peringatan dari Apple ini muncul, setelah beberapa kasus kerusakan layar Macbook yang dialami penggunanya. Beberapa di antaranya menggunakan panel penutup lensa webcam yang cukup tebal, sehingga menekan lapisan tipis pada layar Macbook. 

Umumnya kebiasaan menutup lensa webcam, cukup sering dilakukan karena pengguna yang khawatir akan keamanan privasinya. Salah satu tokoh yang kerap menutup lensa webcamnya adalah CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Dirangkum Tech Radar, Apple paham dengan kekhawatiran semacam itu, oleh karenanya pengguna bisa menonaktifkan sensor FaceTime HD yang disematkan pada webcam. Kalau pun pengguna masih khawatir, Apple menyarankan agar tidak memasangkan pelindung tambahan dengan ketebalan yang tak melebihi 0,1 mm.