Profil Rabin Indrajad Hattari Sekretaris BUMN yang Baru, Pakar Ekonomi dengan Segudang Pengalaman Internasional
Rabin Indrajad Hattari (IG BUMN)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rabin Indrajad Hattari dilantik menjadi sekretaris Menteri BUMN Mei 2023. Pelantikan dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Rabin disebut sebagai Sekretaris Kementerian BUMN termuda. Lantas seperti apa profil Rabin Indrajad Hattari?

Sebelum diangkat menjadi Sekretaris BUMN, Rabin Indrajad Hattari menjabat posisi Staf Ahli Bidang Industri yang bekerja di bawah Erick Thohir. Pengangkatan Sekretaris Kementerian merupakan bagian dari proses transformasi kelembagaan di internal kementerian. Langkah tersebut dilakukan supaya kinerja dan program-program kementerian bisa sejalan secara keseluruhan. 

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh para petinggi BUMN, mulai dari Wakil Menteri BUMN I dan II, Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian BUMN, dan Direksi BUMN. Rabin Indrajad Hattari dipercaya memegang jabatan Sekretaris BUMN yang sebelumnya diisi oleh Susyanto. Publik pun penasaran seperti profil Rabin Indrajad Hattari.

Profil Rabin Indrajad Hattari

Rabin Indrajad Hattari disebut sebagai Sekretaris Menteri termuda yang diangkat saat berusia 48 tahun. Rabin merupakan orang yang sudah berpengalaman di bidang industri dan ekonomi. Rabin memiliki riwayat kerja memegang jabatan-jabatan penting di perusahaan tingkat internasional. 

Wawasan dalam dunia industri dan ekonomi mulai ia pelajari dengan serius sejak di bangku perkuliahan. Rabin Indrajad Hattari mendapat gelar Bachelor of Arts bidang Ekonomi dan Matematika dari The University of Georgia pada tahun1996. Rabin kemudian mengambil pendidikan Magister Manajemen di Universitas Indonesia pada tahun 2000. Rabin juga berhasil meraih gelar PhD in Economics di George Mason University pada tahun 2008. 

Sepak Terjang Rabin Indrajad Hattari

Rabin mengembangkan kariernya dengan mengisi jabatan-jabatan penting di perusahaan luar negeri. Ia pernah berkarier di International Monetary Fund Washington DC pada 2002-2007. Rabin juga pernah bekerja sebagai Analis di The World Bank Washington pada tahun 2007-2010. 

Rabin juga pernah menduduki posisi penting di Asian Development Bank (ADB) Manila sejak tahun 2010, dengan jabatan terakhir sebagai Senior Economist, Regional Cooperation and Integration Division, Sustainable Development and Climate Change Department (SDCC) (2019-2020). 

Demikianlah profil Rabin Indrajad Hattari yang baru saja dilantik menjadi Sekretaris Menteri BUMN. Selain memiliki pengalaman menjabat posisi penting di perusahaan internasional, Rabin juga aktif menulis buku dan publikasi ilmiah. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.