Perakit iPhone,  Pegatron Corp Taiwan, Hentikan Operasi di China karena Pandemi COVID-19
Produksi iPhone terganggu karena perakitnya terdampak pandemi COVID-19. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pegatron Corp Taiwan, yang selama ini merakit iPhone untuk Apple Inc, mengumumkan pada Selasa, 12 April  bahwa mereka telah menangguhkan operasi pabrik mereka di Shanghai dan Kunshan di China karena protokol COVID-19 yang ketat dari pemerintah China.

China telah menempatkan Shanghai di bawah penguncian ketat sejak akhir Maret dan provinsi tetangga Kunshan juga telah memperketat pembatasan untuk mengendalikan wabah COVID-19 terbesar di negara itu sejak virus corona ditemukan pada akhir 2019 di kota Wuhan.

Perusahaan global, dari pembuat ponsel hingga chip, sangat bergantung pada China dan Asia Tenggara untuk produksi dan telah mendiversifikasi rantai pasokan mereka setelah pandemi yang menyebabkan kekacauan.

Menurut Komisi Pengawas Keuangan Taiwan, pada 7 April total 161 perusahaan Taiwan yang terdaftar melaporkan operasi mereka di Shanghai dan Kunshan telah berhenti, 41 di antaranya adalah perusahaan elektronik.

"Dalam skenario kasus terbaik, dimulainya kembali produksi secara lengkap mungkin tidak dapat dilakukan hingga akhir April atau awal Mei," kata analis Ming-Chi Kuo dari TF International Securities seperti dikutip Reuters. Ia  menambahkan bahwa Apple dapat meminimalkan dampak karena rantai pasokan dan hubungannya yang kuat. dengan pemerintah Cina.

Sementara Apple sendiri tidak segera menanggapi permintaan komentar atas penghentian operasi ini.

Menurut penyedia data TrendForce, masalah kepegawaian, logistik, dan transportasi memaksa produsen untuk mengandalkan inventaris yang tersedia, yang hampir tidak memenuhi kebutuhan jalur produksi dan memperburuk ketidaksesuaian komponen.

Lonjakan pengiriman dan permintaan bahan setelah lockdown dicabut juga dapat menyumbat otoritas bea cukai, dan menyebabkan potensi penundaan pengiriman.

Permintaan iPhone juga bisa terpukul karena konsumen mengalihkan dana dari ponsel dan gadget ke kebutuhan sehari-hari.

Pegatron mengatakan dimulainya kembali pekerjaan tergantung pada dua pabrik apakah diberikan izin beroperasi oleh pemerintah.

Perusahaan mengatakan akan mempertahankan kontak dekat dengan pelanggan dan pemasok dan "secara aktif bekerja sama" dengan pemerintah daerah untuk melanjutkan pekerjaan sesegera mungkin.

Perusahaan Taiwan yang jauh lebih besar, Foxconn, pembuat alat elektronik kontrak terbesar di dunia, juga merakit iPhone di China. Operasinya di sebelah selatan kota Shenzhen yang juga terganggu bulan lalu oleh wabah COVID-19 di sana.