Misi Crew-2 NASA Sukses Kembali ke Bumi, Misi Crw-3 Segera Diluncurkan
Pendaratan Crew2 NASA di Teluk Meksiko. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA  Misi Crew-2 NASA mencapai kesuksesan dengan kembalinya kapsul Dragon dengan aman dan mulus yang ditangani oleh tim komersial SpaceX. Empat astronot terekam dalam video singkat dari dalam pesawat ruang angkasa Endeavour setelah pendaratan. Mereka tersenyum dan mengacungkan jempol dan gerakan V dengan jari untuk mewakili kemenangan, perdamaian, atau keduanya.

Ini adalah misi komersial kedua SpaceX untuk melakukan pengiriman manusia dan cargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Selain itu, ini adalah penerbangan awak pertama dari pesawat ruang angkasa Crew Dragon bernama Resilience, yang diluncurkan pada November tahun lalu.

Crew Dragon membawa empat astronot di atas roket SpaceX Falcon 9 dan dikemudikan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dan merapat. Para kru menghabiskan lebih dari lima bulan di luar angkasa sebelum melepas dan mendarat di awal Mei 2021. SpaceX Crew-2 diluncurkan segera setelah itu, membuktikan kecepatan dan keandalan kemitraan mereka dengan NASA.

Astronot Crew-2 NASA dengan selamat mendarat di Teluk Meksiko tak jauh dari Pensacola, Florida, pada 8 November 2021, setelah tinggal selama 198 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Mereka melakukan perjalanan sejauh 84.653.119 mil dan mengorbit Bumi 3.194 kali.

Para astronot Crew-2 juga melakukan empat perjalanan ruang angkasa, berpartisipasi dalam berbagai misi sains, dan berkontribusi pada pemeliharaan stasiun ruang angkasa yang berkelanjutan.

Astronot NASA Shane Kimbrough dan Megan McArthur, bersama dengan JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency), astronot Akihiko Hoshide, dan astronot ESA (European Space Agency) Thomas Pesquet tampak bersemangat, seperti yang terlihat dalam video yang dibagikan oleh NASA melalui Twitter. Sebuah entri ulang yang panjang difilmkan dari tanah oleh Jonny D dan dibagikan di YouTube.

Segera setelah pemulihan SpaceX Crew-2 oleh kapal pemulihan SpaceX GO Navigator, misi berikutnya sudah hampir dimulai. Saat ini Crew-3 dijadwalkan untuk meluncur dari Kennedy Space Center NASA di Florida pada pukul 21:03. EST, Rabu, 10 November 2021, jika semuanya berjalan lancar.

Pesawat ruang angkasa Endurance adalah misi Crew Dragon lainnya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional yang berencana berlabuh malam berikutnya, 11 November, pukul 7:00 malam. EST.

Astronot NASA Raja Chari akan menjadi komandan misi dengan Tom Marshburn sebagai pilot. Spesialis misi Kayla Barron (NASA) dan Matthias Maurer (ESA) akan bergabung dengan mereka untuk misi sains enam bulan di stasiun luar angkasa. Peluncuran dan docking kapsul Crew Dragon dengan ISS akan disiarkan langsung di NASA Television, aplikasi NASA, dan situs web.