Grup FAANG Berganti Nama Menjadi MAANG Seiring Pergantian Nama Facebook Inc
Pergantian nama facebook ke Meta membuat Grup saham terbesar di AS juga berganti nama. (foto: facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Rebranding Facebook menjadi Meta Platforms telah meluncurkan pencarian nama baru untuk grup FAANG yang juga termasuk Apple, Amazon.com, Netflix dan Alfabet.

Facebook pada Kamis, 28 Oktober mengumumkan dirinya sekarang disebut Meta Platforms sebagai perusahaan media sosial yang bergeser untuk membangun "metaverse" yang ambisius, dan lingkungan virtual bersama. Perubahan nama terjadi setelah laporan pelapor yang merusak dan kritik dari anggota parlemen dan regulator atas kekuatan pasarnya.

Saran paling populer di Twitter untuk grup kelas berat terkait teknologi adalah MAANG -- di mana "F" FAANG diganti dengan "M". Beberapa pengguna juga mengatur ulang huruf ke MANGA, mengacu pada buku komik Jepang.

Saham elit FAANG memiliki kapitalisasi pasar gabungan sekitar 7,416 triliun dolar AS sepanjang tahun ini, naik dari sekitar 5,8 triliun dolar AS tahun lalu.

Beberapa pengguna Twitter juga mengusulkan untuk merombak grup untuk menambahkan Microsoft Corp  - yang bersaing dengan Apple untuk menjadi perusahaan paling berharga yang terdaftar di AS - serta Tesla Inc, yang bergabung dengan klub elit  yang memiliki triliunan dolar  dalam nilai pasar saham, minggu ini.

Dengan perombakan tersebut, beberapa pengguna datang dengan usulan MAMATA - yang akan menjatuhkan Netflix, yang memiliki kapitalisasi pasar terkecil dibandingkan dengan grup lainnya sebesar 299 miliar dolar AS , dan menggunakan "A" untuk Alphabet, yang mesin pencarinya Google berikan kepada FAANG "G".

MAMATA - terdiri dari Microsoft, Apple, Meta, Amazon, Tesla dan Alphabet - memiliki kapitalisasi pasar gabungan sekitar 10 triliun dolar ASS. Mereka membuat seperempat dari berat S&P 500, dibandingkan dengan grup FAANG warisan yang hampir 20%.

"Segelintir saham (FAANG) ini telah berkuasa selama beberapa waktu, dan mungkin dengan awal penurunan, suku bunga perlahan naik dan inflasi... aset jangka panjang teknologi ini mungkin menjadi kurang berharga," kata Tom Hayes, pengelola anggota di Great Hill Capital di New York.

Saham Meta Platform naik sekitar 2% di awal perdagangan dan akan mendapatkan ticker baru, MVRS, pada 1 Desember, untuk menggantikan Facebook yang selama ini memiliki kode saham FB.O.