Tesla Buat Fitur Baru <i>Sentry Mode</i>  untuk Tingkatkan Keamanan, Dapat Diakses Lewat Ponsel!
Fitur baru Tesla, Sentry Mode bisa tingkatkan keamanan mobil dan dapat diakses dari ponsel. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pembaruan perangkat lunak terbaru untuk kendaraan Tesla menghadirkan fitur baru yang disebut Sentry Mode Live Camera Access. Fitur memungkinkan pengguna untuk melihat umpan kamera langsung dari lingkungan mobil mereka di ponsel mereka, dan memberi mereka ketenangan pikiran bahwa mobil mereka aman.

Fitur baru ini adalah peningkatan untuk Mode Sentry, yang memungkinkan kamera onboard untuk mengawasi sekeliling mobil saat diparkir dan mengirimkan peringatan saat mendeteksi ancaman.

Ketika Sentry Mode mendeteksi sesuatu yang mencurigakan di dekatnya, secara otomatis mulai merekam video dan mengaktifkan sistem alarm juga. Mode Penjaga juga dapat diaktifkan dari jarak jauh menggunakan aplikasi telepon pendamping. Kamera selalu aktif, tetapi hanya menyimpan rekaman jika ada ancaman serius. Ada beberapa contoh di masa lalu di mana Sentry Mode telah menggagalkan upaya pencurian dan memungkinkan pengguna untuk melacak mobil mereka.

Dengan pembaruan perangkat lunak Tesla terbaru, Mode Sentry menjadi lebih baik. Pembaruan (versi 2021.36.8) menambahkan Sentry Mode Love Camera Access dan kemampuan untuk melihat tampilan langsung lingkungan mobil dari jarak jauh menggunakan aplikasi seluler.

Sebagai tindakan keamanan, Tesla mengatakan bahwa umpan langsung dienkripsi ujung-ke-ujung, yang berarti hanya pengguna yang dapat melihatnya. Secara sederhana, enkripsi ujung ke ujung memastikan bahwa data dienkripsi pada asalnya dan hanya dapat didekripsi di tempat tujuan, menghentikan siapa pun dari usaha untuk membaca data di tengah jalan.

Aplikasi seperti WhatsApp mengandalkannya untuk membuat klaim tinggi tentang privasi, dan umumnya dianggap sebagai protokol komunikasi paling aman yang saat ini dapat digunakan pada produk konsumen.

Untuk mengaktifkan Akses Kamera Langsung Mode Sentry Tesla yang baru, pengguna harus mengikuti jalur ini di aplikasi seluler: Kontrol > Keselamatan & Keamanan. Setelah diaktifkan, pengguna akan dapat mengakses umpan kamera langsung dan memastikan bahwa mobil mereka diparkir dengan aman.

Namun, fitur tersebut, saat ini hanya eksklusif untuk aplikasi iOS yang menjalankan versi 4.2.1 atau lebih baru, dan tidak ada kabar resmi kapan fitur tersebut akan tiba di aplikasi seluler Tesla untuk perangkat Android. Fitur tersebut pertama kali muncul sebagai rumor tahun lalu.

Ada juga peringatan lain. Alat Akses Langsung Mode Sentry baru hanya tersedia untuk pemilik mobil Tesla dengan langganan Konektivitas Premium. Ini dihargai 9,99 dolar AS per bulan dan dapat dibeli menggunakan aplikasi seluler atau dengan mengakses akun Tesla seseorang di web.

Layanan ini memungkinkan pengguna mengakses fitur eksklusif seperti peta tampilan satelit, visualisasi lalu lintas langsung, streaming musik, browser internet, streaming video, dan karaoke. Terakhir, CEO Tesla Elon Musk juga menganggap fitur Sentry Mode Live Camera Access yang baru juga bagus untuk lelucon praktis. Tentu saja, tidak semua fitur kamera Tesla diterima dengan tangan terbuka, karena para ahli sebelumnya telah menyatakan keprihatinannya atas pemantauan kamera dalam mobil yang terlalu banyak.