Microsoft Nyaris Lampaui Apple sebagai Perusahaan Teknologi Terkaya di Muka Bumi, Ini Nilai Sahamnya!
Microsoft belum bisa kalahkan Apple sebagai perusahaan terkaya di dunia. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA— Lonjakan saham Microsoft Corp hampir menggeser Apple Inc sebagai perusahaan paling berharga di dunia pada Rabu, 27 Oktober atau sehari sebelum pembuat iPhone melaporkan hasil kuartalannya.

Dipicu oleh pertumbuhan kuartalan yang kuat dalam bisnis komputasi awan Azure, saham Microsoft melonjak 4,2% menjadi berakhir pada rekor 323,17 dolar AS (Rp4,5 juta)per lembar, meningkatkan kapitalisasi pasar pembuat perangkat lunak menjadi 2,426 triliun dolar AS (Rp34,5 quadraliun), sedikit di bawah penilaian Apple sebesar 2,461 triliun dolar AS (Rp35 quadraliun), menurut data Refinitiv.

Saham Apple sendiri turun 0,3% menjelang laporannya yang akan dirilis pada Kamis, 28 Oktober dengan investor fokus pada bagaimana krisis rantai pasokan global menantang kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan iPhone-nya.

Saham Microsoft telah reli 45% tahun ini, dengan permintaan yang disebabkan oleh pandemi untuk layanan berbasis cloud yang mendorong penjualan. Sementara saham Apple telah naik 12% pada tahun 2021.

Nilai pasar saham Apple menyalip Microsoft pada 2010 karena iPhone menjadikannya perusahaan teknologi konsumen utama dunia. Kedua perusahaan telah bergantian sebagai perusahaan paling berharga di Wall Street dalam beberapa tahun terakhir, dengan Apple memegang gelar sejak pertengahan 2020.

Dalam laporannya Selasa malam, Microsoft memperkirakan akhir yang kuat untuk tahun kalender berkat bisnis cloud yang berkembang pesat, tetapi memperingatkan bahwa kesengsaraan rantai pasokan akan terus mengganggu unit-unit kunci, seperti yang memproduksi laptop Surface dan konsol game Xbox.

Analis rata-rata memperkirakan Apple melaporkan pendapatan kuartal September naik 31% menjadi 84,8 miliar dolar AS dan laba per saham yang disesuaikan sebesar 1,24 dolar AS, menurut Refinitiv.