Bagikan:

JAKARTA – Fitur baru di Clubhouse kini memungkinkan orang untuk berbagi tautan luar dan memonetisasi pekerjaan mereka di platform tersebut. Hari ini di acara The Verge's On The Verge, CEO Clubhouse Paul Davison dan kepala pemasaran global Maya Watson mengumumkan fitur tautan tersemat baru, yang memungkinkan moderator menempatkan tautan luar di bagian atas ruangan.

Tautan ini dapat mengarahkan pendengar ke apa pun yang diinginkan moderator, seperti halaman Patreon, artikel berita, atau podcast.

Tautan tertentu tidak akan diizinkan karena alasan keamanan dan moderasi. Davison tidak secara eksplisit menyebutkan jenis tautan yang tidak diizinkan, akan tetapi dia menyarankan tautan ke OnlyFans tidak akan diterima karena tautan ke porno dilarang.

Siapa pun dapat menambahkan, mengubah, atau menghapus tautan, selama mereka menjadi moderator ruang dan berapa pun jumlah pengikut yang mereka miliki. Fitur ini diluncurkan pada 27 Oktober untuk iOS dan Android.

Clubhouse tidak akan mengambil potongan pendapatan dari transaksi apa pun yang terjadi melalui tautan, meskipun Davison mengatakan tim kemungkinan akan membagikan berita di bulan-bulan mendatang tentang cara aplikasi itu sendiri akan memonetisasi, seperti melalui kamar bertiket dan langganan.