Wisata Balon Terbang ke Luar Angkasa Bisa Jadi Pesaing Tur Gunakan Roket, Ini Kelebihannya
Wisata ke Luar Angkasa dengan balon terbang akan menjadi pesaing tur ke luar angkasa dengan roket. (foto; dok. Space Perspective)

Bagikan:

JAKARTA - Meningkatnya minat eksplorasi dan wisata ke ruang angkasa di kalangan orang kaya, ada sebuah perusahaan yang patut mendapat perhatian seperti Space Perspective. Perusahaan ini menawarkan wahana balon ke atmosfer dengan harga sekitar 125.000 dolar AS Rp 1,7 miliar).

Blue Origin dan Virgin Galactic telah menjadi berita akhir-akhir ini, karena alasan yang bagus. Kedua perusahaan telah mulai membawa orang-orang biasa dalam perjalanan yang mengasyikkan, berbahan bakar roket ke luar angkasa. Perspektif Luar Angkasa, di sisi lain, bertujuan untuk sesuatu yang sedikit berbeda.

Tentu saja, tiket untuk naik pesawat luar angkasa atau roket tur tidak murah sama sekali. Warga sipil mencari ratusan ribu dolar, jika tidak jutaan untuk naik penerbangan singkat ke luar angkasa. Karena bisnis komersial perjalanan ruang angkasa cukup baru bagi masyarakat umum, perusahaan-perusahaan ini belum menetapkan harga mereka secara pasti, dan hanya menyisakan orang kaya yang berharap untuk mendapatkan tumpangan.

Berdasarkan hal ini, sebuah perusahaan bernama Space Perspective telah muncul. Perusahaan mengumumkan hari ini bahwa dana 40 juta dolar AS (Rp 563 miliar) telah dikumpulkan dalam pendanaan Seri A, yang akan memungkinkan perusahaan untuk mulai membawa penumpang ke langit pada akhir 2024.

Daripada roket besar atau pesawat luar angkasa, Space Perspective memilih untuk menggunakan balon yang mampu terbang pada ketinggian yang sangat tinggi, dengan kapsul bertekanan bernama Spaceship Neptunus. Ballon ini diklaim mampu terbang hingga 20 mil (32 km) ke langit.

Sebelum penerbangan pertama dimulai, 475 kursi telah dipesan untuk penerbangan ke-1 hingga ke-30. Deposit 1.000 dolar AS (Rp14 juta) harus dibayar di muka per kursi. Ketika saatnya tiba untuk penerbangan, penumpang akan dikenakan biaya 125.000 dolar AS.

Berorientasi Mewah

Ada beberapa perbedaan antara naik roket lebih dari 50 mil lurus ke atas dan naik balon selama 6 jam untuk mencapai 20 mil ke atas. Jelas, kenaikan tidak akan sekuat balon dibandingkan dengan lepas landas di roket. Hal ini membuat perjalanan yang jauh lebih lembut, yang bertujuan untuk pengalaman yang lebih mewah daripada perjalanan yang mendebarkan.

Perusahaan menyatakan bahwa usia berapa pun akan dapat terbang dan tidak akan diminta untuk memiliki pelatihan fisik, tidak seperti astronot NASA. Menurut perusahaan, "jika Anda sehat secara medis untuk naik pesawat, maka Anda sangat cocok untuk perjalanan ini." Belum lagi, kapsul akan berisi kamar mandi dan bar bagi penumpang untuk minum saat mereka naik ke atmosfer.

Pesawat hanya akan naik hingga sekitar 20 mil di atas Bumi dan akan memakan waktu dua jam untuk mendaki ke ketinggian itu. Setelah mencapai puncaknya, Spaceship Neptunus akan berkeliaran selama dua jam lagi bagi penumpang untuk menikmati pemandangan dan menikmati waktu mereka di ketinggian lebih dari 100.000 kaki di atas permukaan laut.

Begitu 4 jam habis, balon akan mulai turun dengan lembut dan tercebur ke laut mirip dengan pemulihan kapsul NASA.

Meskipun penumpang tidak akan mengalami penurunan bobot atau secara teknis naik ke luar angkasa, pengalamannya tetap keren. Melihat Bumi memantulkan cahaya saat matahari terbit dari ketinggian yang sangat tinggi tentunya merupakan pengalaman yang luar biasa, dan dapat berendam selama beberapa jam sebelum turun mungkin merupakan pengalaman yang lebih menyenangkan daripada penerbangan Blue Origin atau Virgin Galactic.

Penerbangan tidak akan dimulai sampai tahun 2024, dan sampai sekarang, biayanya sekitar 250.000 dolar AS per penumpang. Akan menarik untuk melihat bagaimana pengalaman Perspektif Ruang Angkasa dibandingkan dalam ekonomi perjalanan ruang angkasa publik yang semakin kompetitif.